Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhenti pada Jalan dengan Tinggi Tanah Berbeda, Awas Terjatuh

Kompas.com - 12/01/2022, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan di Indonesia memang beragam, ada yang sudah diaspal dan tidak sedikit juga yang dibeton. Biasanya, terdapat perbedaan tinggi antara badan jalan dengan tanah yang ada di bagian pinggir.

Perbedaan tinggi ini harus diperhatikan para pengendara motor, apalagi yang sering menyalip lewat sisi kiri kendaraan. Ketika berpindah dari badan jalan ke tanah, pegangan tangan ke setang motor harus kuat agar tidak terjatuh.

Contoh pengendara dengan pegangan yang kurang kuat bisa dilihat pada video dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video tersebut terlihat pengendara yang terjatuh setelah pindah dari beton ke tanah.

Baca juga: Toyota Fortuner 2.800 cc Sudah Bisa Dipesan, Setiap Diler Dijatah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara yang terjatuh akibat perbedaan tinggi tanah biasanya karena tangannya kurang kuat berpegangan pada setang.

“Bisa juga disebabkan posisi pegangan tangan yang salah sehingga tidak kuat menahan guncangan. Mungkin juga pengendara tidak fokus, sehingga kaget dan terjatuh,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Tips pertama ketika bertemu tinggi jalan yang tidak rata dengan tanah, pengendara harus fokus melihat ke depan sehingga bisa memprediksi apakah aman untuk dilalui atau tidak. Kedua, pastikan tangan berpegangan penuh pada setang.

Baca juga: Perubahan Warna Pelat Nomor Bebas Biaya, Dilakukan Secara Bertahap

“Posisi ibu jari berada di bawah telapak tangan agar ketika terjadi guncangan lebih kuat menahannya. Ketiga, jika roda depan sudah turun dari jalan yang lebih tinggi, jangan langsung mengubah arah mau naik lagi ke jalan karena bisa tergelincir dan jatuh,” ucapnya.

Keempat, hindari jalan yang terlalu kiri agar motor tidak turun ke tanah yang lebih rendah. Terakhir, pengendara jangan memaksakan menyalip kendaraan dari kiri, apalagi jika terlalu sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com