Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Honda Super Cub Versi 2022, Pakai Mesin Baru 110 cc

Kompas.com - 11/01/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHonda Super Cub C125 dipasarkan pertama kali di Indonesia pada 2018 lalu. Motor bebek ini merupakan hasil evolusi dari Super Cub C100. Desainnya dibuat tetap memiliki sentuhan retro, tapi pada saat yang bersamaan juga terkesan modern.

Menurut laporan Young Machine (10/1/2022), Honda kabarnya tengah menyiapkan model baru Super Cub yang disiapkan untuk pasar Thailand.

Untuk diketahui, jika sebuah motor Honda meluncur di Thailand, bukan tak mungkin motor tersebut juga bakal dipasarkan di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Artinya, model baru Super Cub nanti bisa saja menyapa para penggemarnya di Tanah Air. Apalagi motor bebek ini mendapatkan ubahan yang cukup masif.

Berbeda dengan tipe C125, kini Super Cub 110 tidak menggunakan rem cakram. Melainkan rem tromol di depan dan belakang, seperti bebek lawas pada zamannya.

Selain itu, Super Cub di Thailand ini bakal mengusung jok yang lebih besar untuk dua orang penumpang. Bukan jok lebar khusus satu orang saja.

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Honda juga kembali menyematkan behel krom yang memanjang buat penumpang belakang, seperti motor bebek keluaran 1990-an.

Suspensi depan dan belakang memiliki jarak main yang lebih panjang untuk meningkatkan kualitas pengendaraan dan performa ketika dibawa lari.

Pada bagian dasbor, terlihat spidometer dengan layar digital LCD yang dikombinasikan dengan analog. Layar ini menampilkan indikator posisi gigi, meteran bahan bakar, konsumsi bahan bakar, jam, trip meter, dan lain-lain.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Bicara soal dimensi, Super Cub 110 memiliki ukuran (PxLxT) 1.876 mm x 698 mm x 1.042 mm, serta jarak sumbu roda 1.224 mm. Motor ini memiliki tinggi jok 744 mm dan berat kendaraan 98 kg.

Selain tampilan dan spesifikasi, ubahan mencolok juga terlihat dari dapur pacu. Kini mesin menggunakan unit SOHC silinder tunggal 4-tak, berpendingin udara, dengan kapasitas 109.5 cc.

Mesin ini kabarnya memiliki karakter yang kuat dalam akselerasi atau over stroke. Meski begitu, Honda belum mengumumkan rincian spek resmi, serta berapa tenaga yang dihasilkan mesin tersebut.

Perihal harganya, Super Cub model 2022 dengan spesifikasi Thailand kabarnya mengalami sedikit kenaikan harga. Dari sebelumnya 47.400 baht atau setara Rp 20,1 jutaan, menjadi 47.700 baht atau setara Rp 20,2 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com