Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Usir Semut yang Bersarang di Kabin Mobil

Kompas.com - 06/01/2022, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, sebagian orang ada yang lebih senang sambil menikmati makanan ringan. Namun, tak jarang remah-remahan atau sisa makanan terjatuh di karpet atau lantai kabin.

Sisa makanan tersebut tidak bisa disepelekan. Sebab, berpotensi mengundang hewan-hewan, seperti serangga, tikus, atau semut.

Hadirnya semut di dalam mobil tentu dapat mengganggu kenyamanan. Apalagi, jika mobil digunakan untuk berkegiatan sehari-hari.

Baca juga: Ada Bahaya jika Malas Membersihkan Sisa Makanan di Kabin Mobil

Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, mengatakan, untuk mencegah datangnya semut di kabin mobil, tentunya jangan malas membersihkan sela-sela mobil dari berbagai sisa makanan dan minuman atau kotoran lainnya.

Ilustrasi makan di mobilREUTERS/LIM HUEY TENG Ilustrasi makan di mobil

"Semut itu datang banyak dikarenakan aspek tersebut," ujar Imansyah, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk membersihkannya, bisa dengan menggunakan sikat, lap, atau vacuum cleaner, atau dibawa ke bengkel perawatan terdekat.

Imansyah menambahkan, cara lainnya adalah dengan memancing semut keluar dari tempat persembunyiannya. Gunakan sisa makanan atau bahan alami, seperti gula, kayu manis, dan lainnya yang sekiranya disukai semut.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Malas Bersihkan Sisa Makanan dari Dalam Mobil

"Diamkan beberapa jam, lalu cek lagi. Setelah mereka berkumpul di sisa makanan pancingan, ikuti arah mereka membawanya untuk mengetahui letak sarang sang ratu," kata Imansyah.

Jok terlebih dahulu disedot menggunakan vacuum cleanerKompasOtomotif Jok terlebih dahulu disedot menggunakan vacuum cleaner

Selain itu, Imansyah menambahkan, nbisa juga dengan menggunakan buah lemon. Aroma yang dihasilkan oleh buah lemon menjadi salah sau hal yang tidak disukai semut.

Dengan begitu, semut akan menghindari sumbernya. Caranya, buat cairan lemon. Lalu, semprotkan racun itu ke sarangnya untuk mendapat hasil maksimal.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan racun serangga berbentuk cair atau bubuk yang dicampur dengan air. Semprotkan racun itu ke sarangnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ilustrasi Vacuum Cleaner MiniGoogle Ilustrasi Vacuum Cleaner Mini

Bisa juga dengan menggunakan kapur anti semut. Namun, perlu diingat, kapur tersebut juga mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, perlu dibersihkan jika sudah selesai digunakan.

"Bila jumlah semut di mobil Anda tidak terlalu banyak, bisa gunakan penyedot debu sebagai cara mengusir semut di mobil. Membersihkan mobil dari semut dan ceceran remah makanan sangat mudah memakai penyedot debu," ujar Imansyah.

Intinya, mobil harus rajin dibersihkan dari sisa makanan agar tidak mengundang semut ke kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com