Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boncengan Naik Motor MotoGP Ducati Moto X2, Digeber Hingga 300 Kpj

Kompas.com - 31/12/2021, 15:27 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor MotoGP bisa melaju hingga 300 kilometer per jam (kpj). Tak sedikit yang membayangkan rasanya atau memimpikan berada di atas motor balap tersebut.

Namun, impian tersebut bisa saja terwujud. Sebab, Dorna Sports memiliki program Riders For Health yang menawarkan pengalaman tersebut melalui undian berhadiah. Program ini sendiri sudah berjalan lebih dari belasan tahun.

Baca juga: Ducati Buka Pintu Untuk Valentino Rossi

Dikutip dari Speedweek.com, Jumat (31/12/2021), beberapa peserta bisa juga merasakannya dengan cara membayar mulai dari 1.200 euro hingga 2.500 euro. Uang tersebut sebagian akan didonasikan ke Riders For Health.

Ducati Moto X2Dok. Jameshyde.co.uk Ducati Moto X2

Motor yang digunakan adalah milik Ducati dan motornya diberi nama Moto X2. Lalu, yang mengendarainya adalah mantan pebalap Randy Mamola dan Franco Battaini.

Moto X2 adalah sebuah motor berbasis Ducati Desmosedici. Jadi, benar-benar motor balap yang dipakai di MotoGP. Tapi, bedanya motor ini memang bisa menampung dua orang. Tangkinya juga dimodifikasi dan diberi pegangan untuk penumpang.

Baca juga: Bos Ducati yakin Bagnaia Bisa Rebut Hati Fans Rossi

Ducati membuat Moto X2 tiap tahunnya, tapi untuk sekarang ini mesin tersebut berasal dari Desmosedici GP11 dan GP12. Mesin ini yang dipakai di era Valentino Rossi.

Ducati Moto X2Dok. Jameshyde.co.uk Ducati Moto X2

Bagi pemenang yang beruntung, akan bisa merasakan melaju di atas motor tersebut hingga 300 kpj dan menikung dengan kemiringan seperti pebalap. Tentunya, menggunakan baju balap juga.

Tapi, tidak sembarang orang juga bisa dibonceng menggunakan Moto X2. Ada beberapa persyaratan yang sebelumnya harus dilalui para peserta, mulai dari tes teori hingga tes kesehatan.

Ducati Moto X2PSP/LukaszSwiderek Ducati Moto X2

Selain itu, bobot maksimum penumpang dibatasi maksimal hanya 90 kg. Usianya juga dibatasi, hanya 18 tahun hingga 60 tahun. Tingginya juga tidak lebih dari 190 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com