Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Cirebon Berlakukan Ganjil Genap untuk Kendaraan Luar Kota

Kompas.com - 25/12/2021, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, memberlakukan sistem rekayasa lalu lintas ganjil genap untuk kendaraan luar kota pada libur Natal, tepatnya 24-26 Desember 2021.

Upaya tersebut dilakukan guna menekan kepadatan dan mobilitas, sehingga, penyebaran Covid-19 mampu ditekan secara optimal.

"Untuk sistem ganjil genap, akan kita terapkan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu," kata Kapolres Cirebon Kota Ajun Komisaris Besar Fahri Siregar, Kamis (24/12/2021).

Baca juga: Ada Pemutihan Pajak, Ini Lokasi Gerai Samsat di DKI Jakarta

Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Kemacetan terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya di titik ITC Depok mengarah ke persimpangan Ramanda-Jalan Arif Rahman Hakim pada Minggu (5/12/2021) siang.

Fahri mengatakan penerapan pembatasan ini diberlakukan bagi kendaraan yang berpelat nomor luar daerah Cirebon. Sedangkan untuk kendaraan berpelat nomor E atau aglomerasi masih diperbolehkan untuk melintas.

Baca juga: Rute Baru DAMRI Jakarta-Banyuwangi, Mulai Rp 380.000

Selain penerapan sistem ganjil genap, Polres Cirebon Kota, kata Fahri, akan memeriksa pengemudi dan penumpang kendaraan luar kota apakah sudah divaksin atau belum.

Apabila ada warga yang belum divaksin dua kali, maka langsung diminta surat tes antigen dan apabila tidak memilikinya, ujar dia, maka akan tes di tempat.

"Jika saat tes reaktif, maka akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan tes PCR, dan bila positif langsung diisolasi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com