Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Xenia Baru, Konsumen Justru Pilih Model Lama

Kompas.com - 18/12/2021, 13:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah sebulan lebih All New Daihatsu Xenia diluncurkan. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim respon konsumen cukup positif. Tapi, yang banyak dicari sekarang ini justru model lama.

Permintaan akan Xenia lama malah meningkat di berbagai daerah di Indonesia. Selain karena masih mendapat diskon pajak PPnBM, ada beberapa hal lain yang menjadi alasan.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrajadi Lastiyoso, mengatakan, saat ini stok Xenia lama di diler-diler sudah hampir habis. Beberapa kepala wilayah pun meminta segera dikirimkan lagi Xenia lama.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Xenia Naik Dua Kali Lipat dalam 1 Bulan

"Sebab, mumpung masih dapat insentif PPnBM dan diskonnya juga besar sekali, sekarang malah jadi rebutan. Mereka bilangnya, sudah seperti emas," ujar Hendrajadi, saat konferensi pers virtual Daihatsu Market Update November 2021, Kamis (16/12).

Daihatsu Xenia di Telkomsel IIMS 2019 Daihatsu Xenia di Telkomsel IIMS 2019

Hendrajadi mengatakan, kalau pun ada stok, hanya satu atau dua unit. Sehingga, menjadi rebutan banyak orang.

"Tapi, jangan khawatir. Xenia 1.300 X M/T itu masih diproduksi dan masih tetap kita jual. Bukan hanya tahun ini, tapi 2022 nanti kita masih akan tetap jual," kata Hendrajadi.

Baca juga: Daihatsu Pastikan Komponen Lokal Xenia dan Terios di Atas 80 Persen

Fenomena ini memang bukan yang pertama kali terjadi, bahkan terjadi hampir setiap ada penyegaran atau produk baru. Untuk menghabiskan stok lama, maka diler pun biasanya menawarkan diskon yang besar.

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

Dari data internal penjualan Daihatsu, secara retail sales atau penjualan langsung ke konsumen, model lama paling banyak terjual.

Selama November 2021, Xenia lama terjual hingga 1.087 unit. Angka ini naik 46,6 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 741 unit. Sementara untuk All New Xenia, selama November 2021 terjual hingga 468 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com