Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taft GT 4x4 Seken Dibanderol Rp 145 Juta, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 12/12/2021, 13:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren hobi kendaraan offroad kian ramai dewasa ini. Mobil bertipe sport utility vehicle (SUV) yang mumpuni untuk melibas medan ekstrem kian diburu, apalagi dengan model penggerak 4x4.

Salah satu mobil yang memang didesain untuk offroad yakni Daihatsu Taft. Meski mobil ini sudah lama berstatus discontinued alias disuntik mati, penggemarnya masih banyak. Taft seken dijual dengan rentang harga yang luas. Namun khusus Taft satu ini dibanderol di angka Rp 145 juta.

Dalam akun Instagram @77rshop, Taft yang dijual Rp 145 juta tersebut bertipe GT F70 alias berpenggerak 4x4 dengan mesin diesel 2.8L, bukan Taft F69 yang hanya 4x2, lansiran 1992. 

Menilik foto-foto yang diunggah, Minggu (12/12/2021), Taft GT F70 yang dijual nampak rapi dan mulus. Disebutkan pula dalam keterangannya bahwa mobil ini siap pakai dengan kondisi mesin, transmisi, dan sistem penggerak 4x4 masih orisinal dan normal.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

Akun Instagram tersebut juga mengklaim bahwa bodi yang terpasang bebas dempul serta  interior yang masih asli, termasuk jok material beludru bawaan pabrik tanpa dimodifikasi. Peredam dalam kabinnya pun masih lengkap sehingga kenyamanan mengemudi tetap terjaga.

Jika melihat di sejumlah bursa mobil bekas pertengahan Desember 2021, Taft GT F70 yang berpenggerak 4x4 ini umumnya memang dibanderol di angka Rp 90 jutaan, bahkan hingga tembus Rp 100 jutaan.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika mobil yang mulai dipasarkan di Indonesia sejak 1985 tersebut kini bisa dijual dengan harga yang tidak jauh beda dari mobil keluaran terbaru.

Baca juga: Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu

Sejarah Daihatsu Taft F70

daihatsu taftKompas.com/Fathan Radityasani daihatsu taft

Taft F70 hadir sejak 1985 sebagai pengganti Taft F50 atau Taft Kebo yang sudah purna tugas. Taft F70 hanya punya varian transmisi manual 4 percepatan dan terdiri dari dua tipe, Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB) berwujud pikap.

Untuk dapur pacunya, Taft F70 dibekali mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.8L. Tenaga maksimalnya 72 dk pada 3.600 rpm dan torsi puncaknya 170 Nm pada 2.200 rpm.

Mesin ini dikenal bandel dengan perawatan yang relatif mudah karena masih menggunakan timing gear untuk penggerak katupnya.

Pada 1988, Daihatsu memberikan pembaruan pada dapur pacunya. Mesin berkode DL41 diganti dengan yang berkode DL42.

Masih sama-sama diesel dengan kapasitas yang serupa, tapi teknologinya sudah berubah. Penggerak katupnya menggunakan timing belt, dan pompa solarnya menggunakan injeksi rotari.

Pada 1991, barulah Taft F70 mendapatkan upgrade sistem transmisi manualnya jadi 5 tingkat percepatan. Taft F70 resmi pensiun pada 1995 untuk tipe SWB. Sementara tipe LWB-nya tetap berlanjut hingga 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com