Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Perempuan Malah Bawa Kabur Motor Jambret

Kompas.com - 12/12/2021, 13:17 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial soal penjambretan. Ada seorang perempuan yang dijambret kemudian melawan dan malah akhirnya membawa motor pelaku.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram indodepok_id, aksi dilakukan pada siang hari. Awalnya aksi jambret dilakukan sendiri, tapi karena korban melawan akhirnya teman pelaku membantu.

Baca juga: Awas Macet, Ganjil Genap Margonda Depok Masih Berlaku Siang Ini

Sial buat pelaku kejahatan tersebut, korban justru berhasil merebut dan membawa kabur motor penjambret.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Meski terekam kamera CCTV belum dapat dipastikan bahwa hal tersebut benar terjadi atau hanya rekayasa atau settingan demi kebutuhan konten. Tapi terlepas itu aksi penjambretan atau tindak kriminal mesti diwaspadai.

Bahkan sebetulnya bukan cuma perempuan yang sedang jalan kaki dan dijambret tapi juga buat pengendara sepeda motor. Sebab tak sedikit terjadi aksi begal kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana cara menyikapi kejahatan seperti itu jika ada jambret atau begal. Pertanyaannya apakah aman melawan penjahat seperti itu?

Rifat Drive Labs Andry Berlianto mengatakan, jika mampu melawan begal yang mengincarnya itu jadi pertahanan pertama tapi mesti lihat kondisi dan kemampuan.

“Misal ketika di atas motor bisa dengan melumpuhkan kendaraan lawan seperti menendang motornya atau menekan rem jika di sisi kanan,” kata Andry belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Polres Bogor Siapkan 10 Posko Pemeriksaan Ganjil Genap Jelang Nataru

Tangkapan layar unggahan aksi jambret di Jalan Aksara, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada Senin (6/12/2021) pukul 05.00 WIB. Korban seorang ibu rumah tangga dan diduga sempat tidak sadarkan diri. Pelaku diduga menggunakan senjata tajam. Polisi masih melakukan penyelidikan.KOMPAS.COM/DEWANTORO Tangkapan layar unggahan aksi jambret di Jalan Aksara, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada Senin (6/12/2021) pukul 05.00 WIB. Korban seorang ibu rumah tangga dan diduga sempat tidak sadarkan diri. Pelaku diduga menggunakan senjata tajam. Polisi masih melakukan penyelidikan.

Namun, baiknya memang pengendara tidak bertindak defensif.

“Melawan itu berbahaya terutama untuk diri sendiri. Jadi pastikan lakukan persiapan sebelum berkendara. Fokus perhatikan sekeliling, dan berhenti di tempat aman untuk mencari pertolongan jika merasa diincar,” katanya.

Andry juga menyarankan, jika berkendara malam hari sebaiknya tidak dalam posisi sendiri. Jika ada teman satu rute sebaiknya berjalan bersama-sama atau mudahnya pilih jalan yang ramai.

“Terakhir gunakan riding gear yang baik dan benar untuk mereduksi luka jika terjatuh karena ulah penjahat,” kata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com