Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Ikon Baru MotoGP Setelah Valentino Rossi Pensiun?

Kompas.com - 12/12/2021, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JEREZ, KOMPAS.com - Selepas Valentino Rossi pensiun kerap muncul pertanyaan siapa yang bakal jadi ikon baru MotoGP. Karena tiap era pasti punya bintangnya sendiri.

Harapan jatuh pada pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang sudah mengoleksi enam gelar MotoGP, serta juara dunia 2021 Fabio Quartararo yang muda dan berbakat.

Baca juga: Tim Satelit Yamaha Siapkan Anggaran Rp 211 Miliar untuk 1 Musim

Fabio Quartararo dan Maverick Vinales bersama Lin Jarvis serta Massimo Meregalli dalam acara peluncuran tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2021, Senin (15/2/2021). Foto: Tangkapan layar Instagram Yamaha MotoGPDok. Yamaha MotoGP Fabio Quartararo dan Maverick Vinales bersama Lin Jarvis serta Massimo Meregalli dalam acara peluncuran tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2021, Senin (15/2/2021). Foto: Tangkapan layar Instagram Yamaha MotoGP

Managing Director Yamaha Lin Jarvis mengatakan, tidak ada Rossi sedikit banyak berpengaruh pada MotoGP, sebab dia adalah sosok yang unik dan belum ada penggantinya.

Menurut Jarvis, meski berprestasi masih banyak orang tidak kenal siapa Marquez atau Quartararo. Tapi hampir bisa dipastikan semua orang mengenal Rossi.

"Siapa Valentino Rossi?" ada yang bisa menjawab. Semua orang mengenalnya. Ini memiliki daya tarik global yang besar. Namun saya optimis untuk masa depan MotoGP, ada beberapa anak muda berbakat," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Ganjil Genap di Bandung Masih Berlaku, Ini Lokasinya

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Algarve 2021 di Sirkuit Internasional Algarve, Jumat (5/11/2021). AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Algarve 2021 di Sirkuit Internasional Algarve, Jumat (5/11/2021).

Jarvis percaya bahwa keunikan pribadi Rossi tak bisa digantikan pebalap lain. Tapi cepat atau lambat roda berputar dan terjadi regenerasi.

"Pensiunnya merupakan akhir dari sebuah era. Dia adalah salah satu ikon unik yang muncul di setiap olahraga pada waktu tertentu. Tetapi untuk setiap ikon akhir karir mereka juga datang," ungkap Jarvis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com