Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur Nataru, Kapolda Jateng Pastikan Tidak Ada Penyekatan

Kompas.com - 09/12/2021, 07:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan mobilitas menjelang libur natal dan tahun baru 2022 dilakukan oleh beberapa Pemerintah Daerah guna mengurangi penyebaran virus Covid-19. Tidak terkecuali Provinsi Jawa Tengah.

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022, Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) tidak akan menyekat jalan. Namun petugas di lapangan akan bertugas mengaktifkan cek poin atau pos PPKM mikro.

Baca juga: Skutik Honda Scoopy Punya Baju Baru, Harga Masih Sama

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, jajaran di Polres akan mengoptimalkan fungsi cek point PPKM Mikro. Akan ada 8.600 posko cek poin PPKM mikro yang diaktifkan kembali di wilayah Jawa Tengah.

“Tidak ada penyekatan, yang ada hanya mengaktifkan kembali kurang lebih 8.600 posko PPKM Mandiri dan PPKM Mikro yang ada di kewilayahan,” kata Luthfi dilansir Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Ilustrasi pemeriksaan surat kesehatan di GT Kalikangkung SemarangKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Ilustrasi pemeriksaan surat kesehatan di GT Kalikangkung Semarang

Dengan adanya posko PPKM mikro, Luthfi mengatakan hal tersebut dapat meminimalisasi potensi penularan covid-19. Nantinya akan diadakan pendataan dan pemeriksaan dokumen perjalanan.

"Posko PPKM Mikro ini nantinya akan mendata setiap pendatang seperti daerah asal, sudah divaksin atau belum, penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, setiap warga yang masuk Jateng harus lapor kepada RT yang jadi wilayah tujuan," kata dia.

Baca juga: Dikirim Awal 2022, Berapa Pemesanan Hyundai Creta Saat Ini?

Selain posko PPKM Mandiri dan Mikro, kepolisian juga memerintahkan kepada polres dan polsek di wilayah Jawa Tengah untuk memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas.

"Kami juga berkoordinasi dengan TNI, yang dalam hal ini Bhabinsa untuk ikut membantu menjaga kondusifitas Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) hingga tingkat desa selama masa Nataru," kata Luthfi.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad LuthfiKOMPAS.com/Dian Ade Permana Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi

Luthfi berharap, dengan adanya upaya ini, maka tidak akan ada lonjakan kasus Covid-19 setelah adanya libur nataru.

"Kita tetap bekerja maksimal untuk menekan Covid-19, harapannya setelah Natal dan Tahun Baru tidak ada kasus lagi serta Jateng bisa menjadi nol kasus," tegas Luthfi.

Baca juga: Tidur di Kabin Mobil Listrik Kondisi Menyala, Apakah Tetap Berbahaya?

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menganjurkan warganya untuk tidak bepergian selama libur nataru. Ganjar juga menganjurkan warganya yang berada di luar Jawa Tengah untuk tidak pulang sehingga tidak terjadi pergeseran yang cukup signifikan.

“Warga Jawa Tengah yang ada di luar Jawa Tengah, Anda tinggal di situ saja enggak usah pulang. Rayakan Natal mungkin Tahun Baru di tempat itu, sehingga tidak terjadi pergeseran yang banyak atau warga yang sekarang ada di Jawa Tengah, di Jawa Tengah saja tidak usah pergi ke mana-mana,” kata Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com