Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Gesits Diklaim Telah Terjual Lebih dari 3.000 Unit

Kompas.com - 25/11/2021, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Dari semua motor listrik yang mulai berbisnis di Indonesia, Gesits merupakan salah satu merek yang paling menonjol. Selain merupakan hasil riset dan merek lokal, Gesits juga diklaim sudah berhasil menembus pasar ekspor.

Abdullah Alwi, General Manager of Sales & Marketing PT WIKA Industri Manufaktur, mengatakan, Gesits telah terjual hingga ribuan unit dalam dua tahun terakhir.

"Gesits launching pertama pada 25 April 2019. Dan kita start delivery di akhir Desember 2019,” ujar Alwi dalam acara Talk Show pada IEMS 2021 di Serpong, Tangerang (24/11/2021).

Baca juga: Adu Jumlah SPK di GIIAS 2021, Lebih Banyak Veloz atau Xpander?

Motor listrik GesitsKompas.com/ArdiansyahFadli Motor listrik Gesits

“Sampai dengan saat ini kita sudah men-delivery lebih dari 3.000 unit dan sekarang kita sudah hampir men-delivery 4.000 unit, dalam kurun waktu hampir dua tahun,” kata dia.

Tak hanya dipasarkan di dalam negeri, motor listrik Gesits juga sudah menembus pasar ekspor. Negara yang mengimpor Gesits secara utuh adalah Senegal, Afrika Barat.

“Kebetulan kami dari Grup Wika, Grup Wika punya network di Afrika dan Asia. Ternyata saat kami pasarkan Gesits, banyak peminat juga yang menanyakan hal itu,” ucap Alwi.

Baca juga: Ada Oknum Nakal Modus Sewa Kendaraan di Bali, Cek Kendaraan Dahulu

Maman Suparman, anggota Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan solo touring dari Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB.Foto: Gesits Maman Suparman, anggota Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan solo touring dari Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB.

“Sehingga, kami sudah mulai start untuk ekspor perdana satu setengah bulan yang lalu ke Senegal, satu kontainer dan insya Allah akan diikuti beberapa negara,” ujar dia.

Sebagai informasi, saat ini prinsipal dan manufaktur sepeda motor listrik Gesits ada di bawah naungan PT Wijaya Karya (WIKA).

WIKA sendiri adalah perusahaan yang ditunjuk untuk merakit motor listrik Gesits. Awalnya Gesits dimiliki oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Resmi Dibuka

Suasana pameran IEMS 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suasana pameran IEMS 2021

Melihat spesifikasinya, Gesits dibekali motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai.

Motor listrik ini juga dapat menggunakan 2 baterai yang bisa berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com