Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Perdana SUV Peugeot 3008 dan 5008 Terbaru

Kompas.com - 19/11/2021, 07:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Peugeot 3008 dan 5008 merupakan SUV kebanggan peugeot dengan berbagai fitur menarik. Peugeot menyediakan dua varian, yakni Active dan Allure Plus untuk varian entry premium SUV ini.

Redaksi Kompas.com berkesempatan untuk membuktikan kehandalan SUV asal Prancis ini melalui test drive dari Solo menuju Surabaya PP yang diselenggarakan oleh Peugeot, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

Kepala cabang Astra Peugeot Solo (Jawa Tengah dan Yogyakarta) Putu Giri mengatakan, kedua varian ini dikeluarkan menyambut antusiasme yang tinggi dari konsumen tanah air.

"Memang untuk varian SUV ini kita dari tahun 2018 sudah mengeluarkan varian 3008 GT line dan 2019 mengeluarkan yang 5008 (7-seater), keduanya direspon positif oleh masyarakat. Kemudian akhir tahun ini kita mengeluarkan versi facelift baik itu Allure Plus maupun Active," kata Putu kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Test drive Peugeot 5008 dan 3008Peugeot Test drive Peugeot 5008 dan 3008

Ada beberapa perbedaan dengan generasi sebelum facelift yang kasat mata. Seperti penggunaan DRL LED pada lampu sein yang sebelumnya horizontal, kini telah diubah menjadi vertikal. Kemudian penggunaan grill yang besar membuat mobil ini  menjadi SUV gagah.

Dilihat dari luar, Peugeot 3008 dan 5008 tidak jauh berbeda. Yang membedakan kedua tipe ini yakni 5008 memiliki dimensi yang lebih panjang karena berkonfigurasi 7 seater. 

Lebih detail, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.670 mm , lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.655 mm. Saudaranya 3008 memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.662 mm.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Di bagian jantung pacu, keduanya masih menggunakan mesin 1.600 cc dengan turbo atau setara dengan 2.400 cc tanpa turbo.

Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 165 dk dan torsi 240 Nm. Keduanya menggunakan konfigurasi penggerak roda depan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Pada bagian kabin, kedua tipe memiliki kesamaan mulai dari desain dasbor, MID, dan semua entertainmentnya. Paling menarik untuk dibahas di kedua SUV ini yakni penggunaan i-cockpit yang membuat kesan mewah dan modern.

Fitur ini menjadi simbol serta komponen penting di semua varian terbaru Peugeot. Peugeot i-Cockpit adalah desain interior unggulan yang menjadi bagian komponen terpenting suksesnya dua Peugeot ini.

Test drive Peugeot 5008 dan 3008Peugeot Test drive Peugeot 5008 dan 3008

Dengan dukungan digital instrumen cluster pada dashboard dan didukung dengan compact steering wheel berukuran kecil dan flat untuk bagian atas dan bawahnya, dashboard SUV ini terlihat sporty.

Penggunaan kemudi flat atas dan bawah juga memberikan kenyamanan pengemudi dalam memegang kendalai mobil dan memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan didukung pengendalian yang lebih baik.

Baca juga: Daftar Mobil Baru di GIIAS 2021 yang Turun Harga, Alphard Turun Rp 400 Jutaan

Digilat instrumen cluster juga memberikan beberapa informasi penting yang memudahkan pengemudi untuk mengetahui konsisi mobil. Sopir dapat membaca indikator kecepatan, rpm, jarak tempuh bahan bakar, hingga lampu tanda peringatan.

Beberapa tombol navigasi multifungsi juga disematkan di kemudi untuk mengakses berbagai fitur termasuk radio, kontrol iklim, hingga telepon.

Interior Peugeot 5008 Allure PlusKOMPAS.com/Gilang Interior Peugeot 5008 Allure Plus

Di bagian dashboard juga dilengkapi dengan layar monitor touchscreen berukuran 10 inci dengan konentivitas multimedia serta dapat terkoneksi dengan ponsel.

Piano Keys Toggle Switches memberikan akses kenyamanan yang mudah untuk berbagai pengaturan kendaraan. Fitur-fitur itu ada pada New Peugeot SUV 3008 & 5008 Allure Plus maupun Active.

Baca juga: Impresi Awal Menyetir Xpander Facelift, Rasanya Beda Sekali

Pada konsol tengah, terdapat tuas transmisi dengan teknologi Efficient Automatic Transmission (EAT6) dan Quickshift.

Di mana posisinya berdekatan dengan Advanced Grip Control serta tombol electric parking brake, sehingga komposisi desainnya memudahkan juga sangat ergonomis bagi pengemudi. Ditambah penggunaan material-material yang premium dan sangat nyaman untuk disentuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com