Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Ertiga Sport FF Jadi Modal Suzuki Pulihkan Segmen LMPV

Kompas.com - 18/11/2021, 06:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen kendaraan keluarga berkapasitas 7-penumpang berharga terjangkau atau dikenal dengan istilah Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) diprediksi akan kembali menggeliat, karena para produsen mulai meluncurkan produk terbarunya.

Otomatis, pergerakan secara penjualan juga akan lebih baik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, karena faktor pendorongnya adalah adanya produk baru.

Melihat penetrasi yang agresif itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi porsi segmen LMPV terhadap total pasar mobil nasional akan meningkat jadi 23 persen di tahun depan.

Baca juga: Simulasi Kredit Suzuki Ertiga Sport FF, Angsuran Mulai Rp 5 Jutaan

"Pada 2020-2021, kontribusinya menurun menjadi sekitar 16 persen. Saya rasa, dengan penyegaran yang dilakukan bisa kembali ke level 23 persen," kata Sekertaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara belum lama ini di GIIAS 2021.

All New Suzuki Ertiga Sport FFdok.Suzuki All New Suzuki Ertiga Sport FF

Salah satu produsen otomotif yang meluncurkan produk terbaru di kelas LMPV adalah Suzuki. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan varian baru, yakni All New Ertiga Suzuki Sport Finest Form (FF) pada 11 November 2021.

Kehadiran varian terbaru itu tentunya akan menjadi modal buat Suzuki Indonesia bersaing di segmen MPV murah. Bahkan, ikut memulihkan segmen LMPV yang sempat turun karena kondisi pandemic Covid-19.

Sepanjang 2019, penjualan LMPV mulai mengalami penurunan menjadi 228.327 (22 persen). Hal ini berbanding lurus dengan perlambatan penjualan mobil di dalam negeri yang jadi 1.030.126 unit.

Pihak Gaikindo menyebut, penyebab utamanya ialah tahun politik dan ada beberapa kendala pada faktor eksternal.

All New Suzuki Ertiga Sport FFdok.Suzuki All New Suzuki Ertiga Sport FF

Beralih 2020, penjualan mobil anjlok hingga tersisa setengahnya dari tahun lalu, yakni 532.027 unit. Sontak, pasar LMPV pun mengalami perlambatan menjadi 85.828 unit (16,1 persen).

Penyebabnya karena pandemi Covid-19. Kendati demikian, penjualan mulai merangkak naik di tahun ini. Sepanjang Januari-September, total penjualan berhasil mencapai 627.537 unit, walau belum mampu mendongkrak segmen LMPV karena kontribusinya masih berada di level 15,2 persen (95.719 unit).

“Tentunya dengan adanya varian baru ini, bisa ikut memulihkan dan mendongkrak penjualan kami di segmen LMPV yang memang sempat mengalami penurunan daya beli,” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra kepada KOMPAS.com belum lama ini.

All New Ertiga Suzuki Sport FF

All new Ertiga Suzuki Sport FFDoc Suzuki All new Ertiga Suzuki Sport FF

Varian baru ini akan menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin LMPV dengan tampilan yang beda. Tentunya berkat penyematan fitur dan tampang lebih modern dan sporty akan lebih cepat dilirik oleh pembeli.

Bahkan, bukan hanya tampilan tapi Suzuki juga menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS turut serta meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Oleh sebab itu, varian ini mengalami 13 ubahan, yaitu 11 pada eksterior, dan dua lagi bagian interior.

“Tentunya kami berharap pembaruan pada All New Ertiga Suzuki Sport FF ini menambah nilai perjalanan bagi konsumen dan keluarga karena memiliki tampilan yang premium dan mewah dengan tambahan aksesoris original yang didesain khusus untuk All New Ertiga Suzuki Sport FF,” ungkap Yulius.

Smart E-Mirror All New Ertiga Suzuki Sport FFKompas.com/ApridaMegaNanda Smart E-Mirror All New Ertiga Suzuki Sport FF

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com