Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli, Intip Perbedaan Tipe All New Avanza

Kompas.com - 14/11/2021, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dinanti cukup lama, akhirya Toyota resmi meluncurkan generasi baru dari All New Avanza. Tak tanggung-tanggung, MPV sejuta umat ini hadir dengan ragam perubahan total, bahkan di luar ekspektasi.

Tak sekadar visual desain saja, tapi dari sisi dimensi,  platform, fitur, sampai urusan teknis juga berubah total.

Contoh seperti sistem gerak roda yang kini mengaplikasi FWD setelah puluhan tahun menggunakan RWD, termasuk meninggalkan transmisi matik konvensional dan mengadopsi D-CVT 7 percepatan.

Selain dari perubahan radikal yang dilakukan, Toyota juga memangkas jumlah varian dari generasi sebelumnya dan kini hanya tersedia dalam empat pilihan saja, yakni 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Nah, buat yang tertarik dan sedang menimbang varian mana yang paling cocok untuk dipinang, berikut redaksi coba jabarkan perbedaan dari masing-masing tipe All New Avanza.

Baca juga: Bahas Ubahan Teknis Xenia Terbaru, Jadi Lebih Ringan dan Efisien

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Tipe 1.3 E M/T menjadi varian paling dasar yang hadir dengan mesin 1NR-VE berkubikasi 1.300 cc dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual lima percepatan. Untuk harganya dipasarkan sebesar Rp 206,2 juta.

Dari sisi desain dan visual, nyaris tak ada beda tapi tetap tak semewah versi di atasnya. Perbedaan paling kental dari eksterior terlihat dari dimensi pelek yang menggunakan 15 inci, sementara varian selanjutnya mengusung 16 inci.

Masuk ke area kabin, All New Avanza 1.3 E M/T sudah dilengkapi head unit layar sentuh 7 inci yang memiliki koneksi USB dan Bluetooth. Namun sayang, untuk fitur keamanan alaram + immobilizer serta rear parking sensor masih absen.

Baca juga: Avanza Baru Pakai Penggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya


Dari sisi tampilan dasbor serta ornamen yang disematkan, kemasannya juga lebih sederhana dibanding varian selanjutnya, yakni 1.5 G MT yang dipasarkan Rp 228,5 juta.

Namun demikian, untuk USB port, power slot, serta desain bagi dari AC digital sudah menjadi perangkat standar pada semua tipe.

Perbedaan harga antara varian bawah menjadi hal lumrah mengingat kapasistas dapur pacunya lebih besar, yakni 1.500 cc dengan mesin 2NR-VE. Selain menggunakan pelek 16 inci, fascia depan dari tipe G M/T juga hadir dengan kemasan yang lebih atraktif.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Begitu juga untuk kelengkapan pada ruang kabin yang lebih modern melalui layar TFT 4,2 inci pada MID, new illumination start/stop button, head unit layar sentuh 9 inci, sampai kemudi tilt & telescopic lengkap dengan tombol pengaturan audio.

Kelengkapan tersebut serupa dengan varian G CVT yang dipasarkan Rp 241,4 juta, atau lebih mahal Rp 12,9 juta. Intinya, semua yang dimiliki pada versi manual juga tersemat pada All New Velos tipe G CVT 1.5.

Sedangkan untuk varian 1.5 G CVT+TSS, memiliki ragam fitur yang sudah tersedia dari versi CVT dan ditambah teknologi berupa perangkat keselamatan aktif yang terdiri dari Lane Departur Assist, Pedal Misoperation Control, Front Departure alert, Pre Collision System, dan dua tambahan fitur lain, yakni Rear Crossing Traffic Alert serta Blind Spot Monitoring.

Baca juga: Spesifikasi Motor Custom Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Perlindungan optimal juga diberikan baik bagi penumpang dan pengendara dengan menghadirkan 6 buah airbag. Datang sebagi varian tertinggi, Toyota membanderolnya sebesar Rp 264,4 juta.

Menariknya, berdasarkan data ternyata tipe G memiliki dimensi 35 mm lebih tinggi dari tipe E, temasuk untuk gorund clearance-nya yang beda 10 mm.

Namun demikiam baik varian murah dan tinggi, sama-sama sudah disematkan fitur hill start assist, ABS, EBD, dan BA, vehicle stability control (VSC), sampai 7P seatbelt warning.

Tinggal giliran Anda menentukan pilihan mau membeli varian yang mana. Sebagai informasi tambahan, harga yang dipasarkan Toyota saat ini telah mengikuti skema relaksasi PPnBM yang berlaku sampai Desember 2021.

Baca juga: Alasan Toyota Tak Sematkan Cruise Control di Avanza dan Veloz Baru

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Apabila relaksasi tak dilanjutkan pada 2022, otomatis hargnya bakal terkerek lebih mahal. Belum lagi ditambahan dengan penyesuaian pajak yang biasa terjadi tiap pergantian tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com