Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Akui Target Penjualan Mobil Tahun Ini Naik

Kompas.com - 11/11/2021, 14:03 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengakui bahwa target penjualan mobil tahun ini telah dinaikkan dari 750.00 unit menjadi 850.000 unit.

Putusan tersebut seiring perkembangan yang positif pada sisi perekonomian, kesehatan, dan daya serap masyarakat atas kebutuhan kendaraan.

Demikian dikatakan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto atas proyeksi penjualan tahunan saat membuka GIIAS 2021.

Baca juga: Resmi, Daihatsu Luncurkan Xenia Terbaru

"Ya Pak Airlangga itu dapat targetnya dari saya. Namanya target itu kan dari awal tapi setelah melihat keadaan sekarang dengan adanya PPnBM-DTP makin bagus, jadi kita naikkan (target)," kata Nangoi di BSD City, Tangerang, Kamis (11/11/2021).

"Rasanya, hal ini bisa dicapai," tambah Nangoi. Lebih jauh, ia mengatakan saat ini total penjualan mobil (year-to-date) di dalam negeri sedang berkembang pesat.

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi booth Toyota, didampingi para BOD perusahaan di GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangang, Kamis (11/11/2021).KOMPAS.com/Stanley Ravel Menko Airlangga Hartarto mengunjungi booth Toyota, didampingi para BOD perusahaan di GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangang, Kamis (11/11/2021).

Dibandingkan tahun lalu, kenaikannya sampai 68 persen atau dari 530.000 unit.

"Padahal tahun lalu itu, dalam tiga bulan pertama belum ada pandemi. Tahun ini full pandemi tapi tingkat penjualan 68 persen lebih tinggi," ucap Nangoi.

Meski demikian, ia tidak bisa bicara lebih jauh mengenai nasib insentif PPnBM yang tengah berlaku pada tahun depan.

Pasalnya, masa berlaku keringanan yang ditujukan untuk mempercepat pemulihan sektor otomotif di dalam negeri itu habis pada Desember 2021 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com