Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Varian Baru Ertiga, Rapor Penjualan Masih Positif

Kompas.com - 11/11/2021, 11:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluarga dengan konfigurasi tujuh penumpang saat ini banyak diburu oleh konsumen otomotif, terutama MPV murah yang pasarnya semakin gemuk di Tanah Air.

Salah satu pemainnya adalah Suzuki Ertiga yang diklaim stabil dalam hal penjualaan. Meskipun bila melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai Agustus Ertiga masih belum bisa mengimbangi dominasi pesaing terberatnya yakni Avanza-Xenia.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, ada banyak hal yang membuat Ertiga hingga saat ini masih memberikan konstribusi positif bagi penjualan Suzuki.

Hal tersebut bisa dilihat dari data populasi sejak diluncurkan pada tahun 2012 lalu.

Baca juga: 3 Tahapan Operasionalisasi Perkampungan Atlet Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

“New Ertiga merupakan produk yang tetap konsisten dalam penjualan, digemari konsumen juga sebagai produk yang berkontribusi. Tak hanya penjualan domestik, tapi juga untuk Indonesia melalui ekspor,” ucap Donny beberapa waktu lalu.

Sejak 2012 sampai September 2021 penjualan wholesales MPV murah dari Suzuki tersebut mencapai 316.015 unit. Sementara untuk retail atau penjualan dari diler ke konsumen, sebanyak 314.531 unit.

Suzuki Ertiga untuk konsumen fleetSUZUKI Suzuki Ertiga untuk konsumen fleet

Demikian juga peran dalam memberikan devisa bagi negara melalui ekspor. Sejak tahun 2013, sampai saat ini jumlah Ertiga yang terjual ke pasar luar negeri mencapai 103.744 unit.

Sementara, selama dalam kondisi pandemi Covid-19 sampai September Ertiga sudah diekspor sebanyak 5.316 unit ke berbagai negara. Bahkan hasil positif tahun ini membuat Suzuki pede untuk memperluas jaringan ekspor keempat negara baru.

Baca juga: Hindari Antrean, Pemerintah Imbau Tak Hanya Andalkan Uji Emisi Gratis

“Pada 2021 kami melihat tingginya perminataan produk Suzuki di berbagai negara dan kami melakukan evaluasi dengan menaikkan target ekspor CBU dan CKD sebesar 66.550 unit. Untuk pembagiannya saya tidak bisa detailkan, namun untuk tambahannya ada empat negara baru,” kata Donny.

Melihat perkembangan pasar dan makin ketatnya kompetisi, Suzuki selalu rutin memberikan penyegaran pada jajaran produk lokalnya. Tak heran jika pabrikan mobil asal Jepang ini digadang akan meluncurkan Ertiga varian baru di GIIAS 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com