Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Perbedaan Tampilan Avanza dan Veloz Terbaru

Kompas.com - 11/11/2021, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan Avanza dan Veloz terbaru. Kedua model kini hadir dengan pembaruan menyeluruh, namun dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM, mengatakan, Avanza dan Veloz kini hadir sebagai dua brand yang berbeda.

“Avanza dikembangkan sebagai kendaraan multifungsi, sementara Veloz lebih menitikberatkan pada sisi emosional, dengan tampilan stylish, dan kaya fitur,” ujar Henry, dalam konferensi virtual (10/11/2021).

Baca juga: Toyota Resmi Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru, Harga Rp 200 Jutaan

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Dengan perbedaan tersebut, Toyota memberikan sejumlah perbedaan di antara Avanza dan Veloz terbaru.

Dari segi desain, siluet Avanza terbaru tampak lebih panjang dan rendah. Dibentuk dengan garis desain yang halus, tebal, dan kokoh membuat tampilannya semakin elegan.

Secara umum, dengan gril bermotif horizontal, tampilan depan Avanza terlihat lebih kalem. Bahkan sekilas ada kemiripan dengan bahasa desain Raize.

Baca juga: Pengendara Yamaha Nmax Lawan Arah Ditegur Malah Ngeyel

All New Toyota VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Veloz

Sementara Veloz, terlihat lebih gagah dan maskulin. Utamanya berkat gril bermotif jaring-jaring dengan gril berbentuk trapezium. Tak sedikit yang menyamakan desain muka Veloz dengan Corolla Cross.

Beranjak ke interior, Avanza mengusung desain dasbor baru yang dikombinasikan dengan New TFT MID 4,2 Inch. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap.

Selanjutnya, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Baca juga: Daftar Merek Kendaraan Bermotor Hadir di GIIAS 2021

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Adapun Veloz kini memiliki banyak fitur baru, mulai dari New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi.

Selain itu, ada Drive Mode Switch (Q CVT), New Advanced 7 Inch Digital TFT MID juga memastikan semua informasi penting mengenai status kendaraan.

Sama seperti Avanza yang mengusung dasbor baru, Veloz juga mendapat hal tersebut. Termasuk juga New Integrated 9 Inch Head Unit, serta Advanced Smartphone Connectivity pada head unit dan New Rear-Seat Entertainment yang tersedia pada varian Q CVT & Q CVT TSS.

Baca juga: Alasan Dishub Belum Terapkan Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan Jakarta

Ilustrasi kabin belakang Toyota VelozDok. TAM Ilustrasi kabin belakang Toyota Veloz

Tak ketinggalan, Veloz terbaru juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terdapat pula New Push Start Button yang memberikan sentuhan unik saat menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dan cerdas mendinginkan suhu kabin.

Sentuhan unik dan lembut New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, disempurnakan dengan New Vibrant Illumination Light yang menciptakan rasa tenang dan damai untuk memberikan momen santai bagi penumpang depan selama perjalanan.

Baca juga: Layanan Uji Emisi Gratis Bikin Macet, DLH DKI Jakarta Setop Sementara

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com