Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Kembali Alami Diplopia, Penyakit Penglihatan Ganda

Kompas.com - 10/11/2021, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber HRC

CERVERA, KOMPAS.com - Marc Marquez akan absen di putaran terakhir GP Valencia dan tes IRTA di Jerez pada 18-19 November 2021. Marc didiagnosis mengalami diplopia atau penglihatan ganda.

Hal itu terjadi setelah dia mengalami gegar otak ringan sebelum GP Algarve Portugal, pekan lalu. Setelah gegar otak penglihatannya jadi berbayang seperti yang dia alami pada 2011.

Baca juga: Besok Digelar, Jangan Langsung Datang ke GIIAS 2021 Tanpa Tiket

Dokter mata Dr. Sánchez Dalmau dari Hospital Clínic de Barcelona, dokter yang memeriksa Marc mengatakan hal itu terjadi karena ada kelumpuhan syaraf di bagian mata.

“Pemeriksaan yang dilakukan pada Marc Marquez hari ini setelah kecelakaan yang terjadi telah mengkonfirmasi bahwa pengendara mengalami diplopia dan telah mengungkapkan kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblique superior kanan," ungkapnya dalam rilis resmi, Rabu (10/11/2021).

"Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah salah satu yang sudah terluka pada tahun 2011," katanya.

Untuk diketahui, selain kecelakaan Jerez 2020, sebelumnya pada 2011 Marc pernah mengalami masalah mata sama yang hampir memutus karirnya sebagai pebalap.

Saat itu Marc masih membalap di kelas Moto2. Dia sedang berjuang untuk meraih gelar juara dunia. Tapi waktu latihan bebas pertama di GP Malaysia dia mengalami kecelakaan.

Kecelakaan itu membuatnya cedera di mata. Akhirnya Marc tidak bisa menyelesaikan musim dan harus merelakan gelar juara dunia Moto2 jatuh kepada Stefan Bradl.

Baca juga: Meskipun Dapat Prioritas, Pengemudi Ambulans Bukan Asal Juga

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Marc bahkan ditolak saat ingin ikut tes pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, 2012 karena dianggap belum sembuh total.

Seolah masalah datang bertubi-tubi, Marc mengatakan tetap berpikir positif dan yakin mampu melaluinya dengan baik.

"Ini adalah masa-masa sulit, sepertinya hujan turun. Setelah mengunjungi Dr. Sánchez Dalmau, episode baru diplopia (penglihatan ganda) telah dikonfirmasi seperti pada tahun 2011," katanya dalam unggahan di Twitter.

"Ini adalah kesabaran, tetapi saya telah belajar satu hal dan itu adalah menghadapi kesulitan dengan positif. Terima kasih atas dukungannya????," tulis Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HRC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com