Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bakso Terbakar, Ini Bahaya Nyata Modifikasi Motor untuk Jualan

Kompas.com - 09/11/2021, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARATA, KOMPAS.com - Viral di media sosial, sebuah video CCTV yang merekam seorang pedagang bakso panik saat gerobak motornya tiba-tiba terbakar.

Video tersebut diunggah oleh Instagram @kabarjakarta1, Selasa (9/11/2021), diketahui kejadian tersebut terjadi di Gaperi, Bojong Gede, Bogor.

Belum diketahui secara pasti penyebab kejadian tersebut, namun jika melihat rekaman video tiba-tiba percikan api keluar dari gerobak tersebut hingga akhrinya mengalami kebakaran.

Bahkan, pedagang tersebut juga berusaha mengeluarkan tabung gas agar api tidak semakin membesar.

Baca juga: Astra Otoparts Raih Pendapatan Bersih Rp 11,041 Triliun

Belajar dari kejadian ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat ini memang banyak orang yang mengalihfungsikan sepeda motor menjadi alat untuk berdagang.

Kondisi ini dikarenakan mereka kurang paham akan bahaya yang akan terjadi akibat modifikasi yang dilakukan di motornya , contohnya seperti video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jakarta dan Sekitarnya (@kabarjakarta1)

“Fungsi dari sepeda motor yang benar adalah untuk membawa 2 orang yaitu pengendara dan penumpang dengan berat beban yang telah ditentukan. Jadi bukan untuk membawa barang yang berlebihan apalagi digunakan sebagai gerobak berjalan,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Agus melanjutkan, dalam peraturan lalu lintas juga telah diatur tentang bagaimana membawa barang pada sepeda motor, yaitu lebar barang tidak boleh melebihi stang kemudi, kemudian tinggi barang tidak boleh melebihi tinggi pengendara dan panjang barang juga tidak boleh melebihi panjang sepeda motor.

Baca juga: Mulai 11 November, Tol Cengkareng-Batuceper-Kuningan Tidak Gratis Lagi

“Selain itu, beban yang berlebihan pada motor juga dapat mengurangi keseimbangan motor pada saat melakukan manuver di jalan sehingga dapat membahayakan pengendara,” kata Agus.

Oleh sebab itu, Agus mengingatkan, bagi pedagang yang berjualan menggunakan motor sebaiknya berpikir ulang kembali sebelum terjadi bahaya pada kendaraannya. Apalagi jika membawa kompor yang menyala pada motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com