Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Mobil Pakai Turbo Diklaim Lebih Irit Bensin, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 05/11/2021, 11:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil baru untuk saat ini telah dibekali mesin dengan turbocharger atau lebih dikenal dengan mesin turbo. Bukan tanpa alasan, tujuannya agar performa lebih bertenaga dan diklaim efisien.

Banyak juga yang beranggapan bahwa mesin yang dibekali turbo lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Selain itu ada beberapa keunggulan lain dalam pemakaian mesin turbo pada mobil.

Baca juga: Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta Batal Diberlakukan

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, mengatakan, dengan bantuan turbo maka knierja mesin akan lebih ringan, sehingga bukan tidak mungkin mesin dengan turbo akan lebih hemat BBM.

Ilustrasi mesin turbo

(www.stevemorrisengines.com) Ilustrasi mesin turbo

"Kalau mesin turbo itu kalau kita mau performa kan tidak perlu injak gas terlalu dalam, jadi setidaknya konsumsi bahan bakar juga bisa lebih irit," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Ingat Lagi Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman

Didi menjelaskan, dengan adanya bantuan turbo maka kinerja mesin akan lebih terbantu. Kerja mesin menjadi lebih ringan sehingga bahan bakar yang digunakan juga lebih irit.

"Kalau menurut saya lebih ke arah performanya, sehingga kecepatan bisa diatur dan tidak begitu boros tetapi mencapai performa yang kita inginkan," kata Didi.

Mesin turbo 1.600 cc Peugeot 5008 Mesin turbo 1.600 cc Peugeot 5008

Sebenarnya selain lebih irit, ada lebih banyak lagi keunggulan penggunaan mesin turbo yang disematkan di mobil baru. Pertama jelas penggunaan mesin turbo akan meningkatkan performa kendaraan. Selain itu yenaga yang dihasilkan juga akan lebih besar.

Baca juga: Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Begini Ciri-ciri Sopir Mengantuk

Kemudian suara mesin juga akan lebih senyap. Hal ini dikarenakan turbo juga bertindak sebagai peredam tambahan, karena gas buang justru dialihkan ke turbo dan tidak langung diarahkan ke knalpot sehingga mampu menurunkan kebisingan mesin.

Mesin turbo yang diaplikasikan pada mobil baru saat ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil, ringkas, dan kompak. Mesin dengan karakteristik tersebut cocok untuk mobil kompak yang dipakai di perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com