Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Taat Bayar Pajak, Kendaraan Akan Ditempel Stiker Hologram | Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

Kompas.com - 01/11/2021, 06:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Inovasi teknologi terus dilakukan oleh Korlantas Polri, hal ini sejalan dengan meningkatnya tren digitaliasi pada semua sektor kehidupan.

Bersama Jasa Raharja dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Korlantas Polri melakukan inovasi teknologi dengan meluncurkan digitalisasi pajak kendaraan (road tax). Sebagai informasi, digital road tax sebelumnya telah diluncurkan secara soft launching pada 18 Oktober 2021.

Setiap kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, kelak akan dipasang stiker hologram yang dilengkapi dengan 18 QR Code.

Nantinya, cetakan kertas tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan akan berubah menjadi stiker hologram yang telah dilengkapi QR Code.

Selain itu yang tak kalah menarik tentang Rossi yang bocorkan dua masalah utama motor Yamaha M1

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 31 Agustus 2021.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

1. Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

Jelang pensiun Valentino Rossi mulai buka suara soal kondisi motor Yamaha M1 beberapa tahun terakhir yang menurutnya kesulitan menyamai pabrikan lain.

Ada dua alasan utama yaitu ban dan elektronik. Sebelum memakai Michelin MotoGP memakai ban Bridgestone. Kemudian lainnya yaitu kontrol unit elektornik dari Magneti Marelli.

Sejak 2016 MotoGP mengadopsi ECU standar untuk semua motor. Yamaha seperti pabrikan lain, sebelumnya menggunakan unit kontrol produksinya sendiri.

Perubahan itu menyebabkan beberapa masalah yang membuat performa M1 sedikit berkurang, di satu sisi Yamaha tidak langsung beradaptasi dengan hal baru, butuh waktu.

Baca juga: Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

GPX New Legend 250 BrightonFoto: Greatbiker GPX New Legend 250 Brighton

2. GPX Legend 250 Brighton, Lawan Kawasaki W250 Cuma Rp 36 Jutaan

Merek sepeda motor asal Thailand, GPX resmi meluncurkan GPX New Legend 250 Brighton. Motor bergaya retro klasik itu tampak segar buat penyuka desain tempo dulu.

GPX Legend 250 Brighton belum masuk Indonesia, di Tanah Air pun segmen retro klasik seperti ini cuma sedikit pemainnya. Rival langsung paling hanya Kawasaki W250.

Mengutip Greatbiker, meski skemanya motor retro tapi komponennya sudah milenial. Lampu depan maupun belakang sudah full LED dengan DRL atau Daytime Running Light.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com