Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Perfoma Daihatsu Rocky 1.2L ADS

Kompas.com - 29/10/2021, 18:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2021, PT Astra Daihatsu Motor resmi meluncurkan Rocky varian 1.200 cc di Indonesia. Mesin baru yang dikembangkan secara khusus ini, diklaim telah disesuaikan dengan karakteristik jalan serta kebutuhan dari konsumen di Tanah Air.

Untuk diketahui, Rocky 1.200 cc menggunakan mesin berkode WA-VE 3 silinder yang memiliki perfoma jauh lebih baik dibanding 1.200 cc 4 silender yang digunakan Sigra.

Melihat dari data spesifikasi yang ada, secara output power memang beda tipis. Rocky 1.200 cc memiliki tenaga 88 Ps atau 86,7 tk pada 6.000 rpm, sementara untuk versi Sigra 86,59 tk pada rpm yang sama.

Baca juga: Bedah Eksterior Daihatsu Rocky 1.2 ADS, SUV Kompak yang Stylish

Namun bicara soal torsi, mesin WE-VE 3 silinder Rocky jauh lebih besar, baik pada kondisi maksimal maupun saat low speed atau putaran bawah.

Untuk maksimumnya mencapai 113 Nm di 4.500 rpm, sementara 3NR-VE 107,6 Nm di 4.400 rpm. Pada putaran 2.000 rpm, mesin Rocky sudah bisa menyentuh 107 Nm, sedangkan untuk Sigra hanya 94 Nm.

Dari pengetesan yang dilakukan tim redaksi Kompas beberapa waktu lalu, perfoma transmisi CVT Daihatsu Rocky ini cukup responsif terutama di jalanan perkotaan.

Daihatsu Rocky 1.2L ADSYoutube Kompas Otomotif Daihatsu Rocky 1.2L ADS

Mode D pada tranmisi ini mampu menyalurkan keinginan pedal gas, sesuai injakkan pengemudi. Terutama saat melesat pada lintasan lurus, ketika pedal gas diinjak, tenaga akan langsung terisi.

Sementara saat melewati jalan berlubang, suspensinya mobil ini cukup baik untuk meredam kejutan selama di jalan. Meski penumpang belakang sedikit merasakan bantingannya, namun masih dalam kategori wajar.

Ketika bermanuver pada kecepatan 20-30 kpj, handling yang dihasilkan masih cukup baik dari sisi pengendara. Kondisi ini berkat adanya electric power steering (EPS) juga vehicle stability control (VSC) guna mencegah over dan under steer. Meski begitu, gejala limbung cukup terasa, terutama saat berbelok di kecepatan 40 km per jam.

Baca juga: Toyota Sudah Jual 4.900 Unit Kendaraan Elektrifikasi, Sumbang Pengurangan Emisi

Soal kekedapan, kabin Rocky 1.2L juga cukup baik. Getaran mesin tiga silinder, tetap ada meskipun tak terasa mengganggu karena peredaman yang baik.

Untuk suara dari luar sendiri, juga masih bisa ditolelir meski secara samar-samar tetap terdengar sampai kabin. 

Baca juga: Honda Pasang Target Tinggi untuk All New City dan All New Civic RS

Kesimpulan

Mesin baru Rocky 1.2L ini secara perfoma cukup nyaman jika digunakan di jalur perkotaan atau luar kota. Meski menitikberatkan pada sisi efisiensi, mobil ini tidak mengorbankan sisi performanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com