Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Tanggapan Teknisi Honda Terkait Dugaan Skandal di Bengkel AHASS | Gambar Render Calon Xenia Baru

Kompas.com - 26/10/2021, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar suatu kabar di media sosial mengenai kecurangan atau skandal atas servis kendaraan bermotor di bengkel resmi milik PT Astra Honda Motor, yakni Astra Honda Authorized Service (AHASS).

Menurut unggahan salah satu warganet yang mengaku sempat ikut pelatihan secara gratis dari perseroan, tidak sedikit teknisi yang mencoba mengambil untung dengan cara tidak bijak.

Sebagai contoh, suatu komponen atau sparepart masih bagus disuruh ganti supaya target penjualan toko tercapai. Baik untuk kampas rem, v-belt, hingga kampas ganda.

Menanggapi ihal tersebut, Technical Service Division AHM Endro Sutarno angkat suara. Menurut dia, kejadian terkait kecil kemungkinan karena dari sisi servis seluruh tekisi harus memenuhi syarat tertentu.

Mulai dari kesesuaian indikator pergantian komponen, harus mendapatkan persetujuan dari konsumen terkait, dan sebagainya.

Di samping itu, artikel mengenai perkiraan wajah dari Daihatsu Xenia terbaru hasil karya desainer grafis Bagas Satria Akbar, ramai diperbincangkan.

Gambar yang tersebut diprediksi merupakan Xenia baru yang bakal meluncur di GIIAS 2021. Kalau dilihat, gambar render mobil ini masih mengambil garis-garis desain Veloz baru, yang fotonya sempat bocor di internet beberapa waktu lalu.

Berikut 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Senin (25/10/2021):

1. Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda

AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.Dok. AHM AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

Baru-baru ini beredar suatu kabar mengenai kecurangan atau skandal servis terjadi di diler resmi PT Astra Honda Motor, Astra Honda Authorized Service (AHASS) yang membuat konsumen merugi.

Kabar tersebut diunggah oleh warganet yang mengaku sempat ikut pelatihan gratis dari perseroan dan melihat langsung kejadiannya. Di mana, tidak sedikit teknisi yang mencoba mengambil untung dengan cara tak bijak.

Sebagai contoh, suatu komponen atau sparepart masih bagus disuruh ganti supaya target penjualan toko tercapai. Baik untuk kampas rem, vbelt, sampai kampas ganda sepeda motor sehingga membuat biaya perbaikan mahal tapi minim perubahan yang dirasa.

Menanggapi kabar burung ini, Technical Service Division AHM Endro Sutarno angkat suara.

Baca juga: Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda

2. Urus Balik Nama Kendaraan, Ini Biaya yang Harus Disiapkan

RaziaPajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di depan gedung Samsat Jakarta Barat, Jumat (11/8/2017).Kompas.com/Sherly Puspita RaziaPajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di depan gedung Samsat Jakarta Barat, Jumat (11/8/2017).

Balik nama kendaraan merupakan proses penting ketika membeli kendaraan dengan keadaan seken. Namun proses ini masih sering disepelekan dengan alasan tidak mau ribet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com