Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Akan Bangun Sirkuit Formula 1 di Pulau Bintan

Kompas.com - 22/10/2021, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Indonesia akan menggelar seri penutup World Superbike (WorldSBK) 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Lalu, tahun depan akan dilanjutkan juga dengan MotoGP.

Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah dari ajang balap internasional tingkat dunia. Hal ini terwujud juga pastinya tak lepas dari dukungan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga: Bamsoet Sebut Sirkuit Mandalika Mau Dipakai untuk Formula 1

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, mengatakan, jika gelaran MotoGP di Mandalika berjalan dengan sukses, maka tak menutup kemungkinan sirkuit tersebut juga akan dipakai untuk menggelar Formula 1.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dalam Grand Prix Formula 1 Emilia Romagna di lintasan balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 1 November 2020.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dalam Grand Prix Formula 1 Emilia Romagna di lintasan balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 1 November 2020.

Namun, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, mengungkapkan, IMI juga memiliki rencana untuk membangun sirkuit lain untuk menggelar Formula 1.

"IMI sendiri memiliki rencana-rencana besar. Sebentar lagi, akan masuk pada tahap persiapan kita untuk bekerja sama dengan pengelola Pulau Bintan dan investor dari Singapura. Kita akan bangun sirkuit Formula 1 di sana," ujar Bamsoet, di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Pebalap MotoGP Mengeluh Formula 1 Bakal Digelar di Qatar

Untuk diketahui, hingga kini Indonesia belum pernah memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah ajang balap Formula 1. Namun, belum lama ini sudah ditentukan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Formula E untuk musim depan, tepatnya pada 4 Juni 2022.

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Sebelumnya, Bamsoet juga berharap Sentul International Circuit, Bogor, juga dapat menggelar MotoGP dan Formula 1. Sirkuit ini memang pernah digunakan untuk menggelar Grand Prix, tepatnya pada 1996 dan 1997.

"Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (10/10/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com