Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2021, 09:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Fox News

JAKARTA, KOMPAS.com - Logo pada suatu perusahaan merupakan representasi dari visi dan misi pendirinya. Sehingga, dalam suatu kasus hal ini tak dibuat sembarangan serta sarat atas makna tertentu.

Namun bila bicara Tesla, perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) agaknya tidak berlaku. Sebab logo yang disematkan begitu sederhana yaitu berbentuk 'T'.

Banyak yang mengartikan bahwa lambang tersebut tidak memiliki suatu arti yang khusus. Hanya potongan huruf dari nama perseroan terkait.

Baca juga: Emosi di Jalan Bisa Bikin Boros Konsumsi BBM

Ilustrasi Pabrik Tesla di ASreuters.com Ilustrasi Pabrik Tesla di AS

Nyatanya tidak seperti itu sebagaimana dikatakan Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk, dilansir dari Fownews, Sabtu (8/10/2021).

Logo tersebut merupakan representasi perpotongan antara stator dan rotor yang ada pada motor elektrik. Kemudian, diberikan sentuhan desain agar menarik sekaligus membentuk huruf 'T' seperti huruf depan perseroan.

Bagian utama pada huruf 'T' tersebut adalah bagian rotor, sementara garis di atasnya yang terpisah sedikit jarak merupakan stator.

Lalu pada bagian atasnya, ada suatu prisai yang juga diartikan sebagai perlindungan maksimal terhadap lingkungan, sebagai salah satu manfaat penggunaan mobil listrik.

Baca juga: Mobilitas Meningkat, Satlantas Polres Karanganyar Kaji Penerapan Ganjil Genap

Logo Tesla.Reuters Logo Tesla.

Pada bagian huruf, logo Tesla memberi sentuhan-sentuhan yang khas. Tulisan 'TESLA' mengandung beberapa elemen dari gambar utama (T), dan nampak seperti jenis huruf dari masa lalu.

Kemudian pada huruf 'E' dan 'A', beberapa garis vertikal dihilangkan. Jika merujuk pada logo utama, jarak yang dibuat dari garis vertikal yang hilang dapat diasumsikan sebagai medan magnet di motor listrik yang berinteraksi untuk menciptakan torsi.

Lebih lanjut pada bagian warna, Tesla memberikan kelir perak agak putih dan hitam yang representasi kontrasnya teknologi lawas dan teknologi masa kini, yakni elektrifikasi.

Sementara untuk kombinasi perak agak putih dan merah juga ditampilkan sebagai tanda dari inovasi teknologi mobil listrik yang ditujukan untuk masyarakat luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com