Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Bus Baru Karoseri Tentrem Sudah Tes di Jalan Tol

Kompas.com - 06/10/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, muncul bocoran dari bus bertipe low drive buatan karoseri Tentrem. Bus bertajuk Avante D1 itu memakai livery PO Harapan Jaya dan masih proses pembuatan di karoseri.

Jika dilihat dari foto yang tersebar saat itu, bodi memang sudah dicat, namun kacanya belum terpasang. Sedangkan di bagian kabin juga masih belum terlihat, apakah sudah lengkap dengan bangku atau masih kosong.

Melalui akun Instagram resmi karoseri Tentrem, ada bocoran terbaru yang dibuat dalam video singkat. Pada video tersebut terlihat bus besar berkelir putih dan jingga khas Harapan Jaya sedang berjalan di jalan tol.

Baca juga: Biaya Perpanjangan SIM A dan SIM C per Oktober 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Selain itu, tertulis ‘coming soon’ dan ‘stay tuned’ pada video singkat tersebut. Tertulis juga di keterangan unggahan ‘tunggu tanggal mainnya’, nampaknya bus sudah siap untuk resmi dirilis.

Jika dilihat dari isi komentar unggahan tersebut, masih belum jelas kapan peluncuran dari Avante D1 ini. Ada juga yang beranggapan akan dirilis ketika GIIAS, mengingat sebelumnya di GIIAS 2019, Tentrem memperkenalkan Avante D2, H9, dan H7.

Selain itu ada juga yang mengatakan kalau bus baru Tentrem ini tidak memakai spion biasa, tetapi diganti dengan kamera. Admin karoseri Tentrem pun membalas kalau sudah menjadi tuntutan karoseri untuk terus berinovasi.

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

Tidak sampai di situ, katanya unit milik PO Harapan Jaya ini juga dilengkapi dengan kamera 360 derajat. Jadi bus berukuran besar ini juga punya fitur canggih layaknya mobil penumpang.

Kita tunggu saja kehadiran Avante D1 ini. Kehadirannya akan berhadapan dengan Jetbus Ultra High Decker buatan karoseri Adiputro yang pertama memakai bodi bus bertipe low drive di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com