Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Mendadak, Dua Pengendara Motor Ditabrak dari Belakang

Kompas.com - 05/10/2021, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan dua pengendara sepeda motor ditabrak oleh mobil dari belakang.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @dashcamindonesia, terlihat kedua pengendara motor itu melakukan pengereman secara mendadak lantaran pengendara lain yang berada di depannya berhenti secara tiba-tiba.

Namun sayangnya, pengemudi mobil yang berada di belakang kedua pengendara motor tersebut itu tidak sempat menghindar karena jarak yang cukup dekat, meskipun sudah melakukan pengereman. Alhasil tabrak dari belakang pun tak dapat dihindari.

Baca juga: Terbuat dari Karet, Ban Mobil Juga Bisa Berkarat

Berkaca dari hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, penting untuk mengetahui kondisi belakang, karena meski berhasil mengerem bisa saja tertabrak dari belakang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Sebab kita ngerem karena ada ancaman di depan, tetapi ancaman di belakang juga sangat fatal,” ucap Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri memberi contoh, saat mau mengerem keras di kecepatan tinggi tapi di belakang ada truk. Ada kemungkinan dengan kecepatan tinggi dan bobot yang berat truk tersebut tidak bisa berhenti dalam jangka pendek.

Baca juga: Pemenang Kompetisi Kendaraan Roda Tiga Listrik di IMX 2021, Sangat Fungsional

“Kalau begitu kita jangan langsung mengerem, jika tidak bakal habis kita tertabrak. Yang harus dilakukan adalah pertahankan kecepatan dan kalau bisa menghindar, ketimbang mengerem,” kata dia.

Maka dari itu, Jusri mengingatkan, awas terhadap sekitar sangat perlu saat berkendara sepeda motor.

“Sehingga mata dan otak bisa berkoordinasi dengan cepat untuk menangkal ancaman yang mungkin terjadi di jalan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com