Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Rak Sepeda di Mobil Jangan Asal, Perhatikan Keamanan

Kompas.com - 01/10/2021, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa sepeda di kabin mobil sebenarnya merupakan tindakan yang berbahaya. Tapi, tak banyak orang yang menyadarinya.

Padahal, untuk membawa sepeda di mobil, sudah ada rak sepeda atau bike rack. Namun, Menggunakan rap sepeda pada mobil juga harus memperhatikan keamanannya.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

"Karena yang kebanyakan dijual adalah barang aftermarket atau universal, memang harus dilihat saat pemasangannya. Apakah posisinya dapat merusak bodi atau tidak," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), beberapa waktu lalu.

Ilustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack)Pinterest Ilustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack)

Didi mengatakan, untuk pemasangan rak sepeda di atas atau di atap, biasanya berat maksimum 75 kilogram bebannya. Namun, tetap yang paling penting adalah segi safety, jangan sampai lepas atau patah.

"Kalau pemasangan di atas, pasti mempengaruhi berkurangnya aerodinamika mobil. Sedangkan rak sepeda yang di belakang, pasti juga ada beban maksimumnya," kata Didi.

Baca juga: Sepeda Listrik Harley Ludes Cuma Seminggu

Menurutnya, rak sepeda yang ditempatkan di bagian belakang mobil, sebaiknya jangan sampai menutupi lampu-lampu mobil.

Ilustrasi membawa sepeda dengan mobil pakai bike rackkompasiana Ilustrasi membawa sepeda dengan mobil pakai bike rack

"Untuk mobil jenis SUV atau MPV, sebaiknya tidak menggunakam rak sepeda yang ditempatkan di atas. Sebab, posisi sepeda menjadi terlalu tinggi dan akan lebih berbahaya," ujar Didi.

Didi menambahkan, untuk mobil sedan lebih bebas, bisa ditempatkan di atas atau di belakang. Tapi, jika ditempatkan di belakang, tetap jangan sampai menutupi bagian lampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com