Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor China Huaying R6, Jiplak Habis-habisan Yamaha R6

Kompas.com - 09/09/2021, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

BEIJING, KOMPAS.com - Sudah sering pabrikan asal China menjiplak desain motor merek lain. Kali ini pun terjadi lagi, merek asal China Huaying meniru desain Yamaha R6.

Menariknya tak seperti merek lain seperti Dayun Chi 302 yang meniru Kawasaki Z1000 yang masih diproduksi, Huaying menjiplak motor yang notebene sudah setop produksi.

Baca juga: Ganjil Genap di Puncak dan Sentul Resmi Berlaku

Dapat dilihat eksteriornya persis seperti Yamaha R6. Logo R6 yang legendaris juga terang-terangan dijiplak sehingga secara kasat mata motor ini memang Yamaha R6.

Mengutip Rideapart, warna kuning menyala merupakan chiri khas Valentino Rossi atau VR46. Seolah belum cukup, Huaying juga menjiplak desain logo Honda Racing Corporaton (HRC).

Motor China Huaying R6Foto: Rideapart Motor China Huaying R6

Tapi apa yang terlihat di luar berbeda sekali dengan "jeroannya." Alih-alih mengusung mesin 600c 4-silinder, Huaying R6 menggunakan mesin 500cc silinder kembar segaris.

Baca juga: Punya Catatan Bagus di MotoGP Aragon, Marquez Berpeluang Raih Podium

Basis mesin seperti ini cukup familiar ditemukan di motor-motor sport China kelas menengah. Tidak disebutkan berapa tenaga dan torsi yang dihasilkan dari mesin tersebut.

Komponen suspensi dan pengeremannya berorientasi pada harga murah. Huanying R6 dibekali klaster instrumen LCD dan takometer yang mirip dengan punya Yamaha.

Huanying R6 dibanderol 3.500 dollar atau setara Rp 49 jutaan. Melihat kasus kekayaan intelektual, Huaying R6 tampaknya hanya akan dijual di pasar domestik China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com