Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Cara Melewati Tanjakan Pakai Mobil Matik | Alasan Rossi Tidak Pensiun Tahun Lalu

Kompas.com - 07/09/2021, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan menanjak merupakan salah satu tantangan bagi para pengemudi di Indonesia. Bahkan, tidak jarang yang ruasnya cukup terjal sehingga butuh kemampuan tertentu agar terhindar dari celaka.

Dalam kondisi terkait, banyak yang meragukan kemampuan mobil bertransmisi otomatis melewatinya. Padahal mobil matik punya kemampuan yang sama dengan mobil dengan transmisi manual.

Seperti, tidak lupa mengganti gigi agar putaran mesin terjaga dan tidak asal menginjak pedal gas serta rem. Sebab, momentum bisa hilang mengakibatkan mobil menjadi mundur.

Sementara itu, pemberitaan mengenai alasan Valentino Rossi tidak pensiun di tahun lalu dan pindah ke Yamaha SRT bukan karena orang tuanya Graziano Rossi dan Stefania Palma juga menarik untuk disimak.

Pasalnya, kedua orang tua Rossi malah mendukung keputusannya untuk pensiun di laga adu kecepatan roda dua tersebut.

Berikut ialah 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif pada Senin, 6 September 2021:

1. Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Ilustrasi Suzuki Katana bekasIstimewa Ilustrasi Suzuki Katana bekas

Kerap dianggap sebagai mobil hobi untuk melibas jalanan non-aspal, Suzuki Katana masih memiliki banyak peminat hingga sekarang.

Apalagi mobil ini kerap dijadikan obyek modifikasi atau jadi media modifikasi salah satu ajang kompetisi dan diikuti oleh beberapa influencer ternama. Kondisi ini membuat Katana atau Jimny di Jepang jadi incaran penggemar.

Suzuki Katana merupakan mobil sport utility vehicle (SUV) yang diproduksi sejak 1986. Awalnya Katana hadir sebagai variasi dari Jimny yang bermain di segmen mobil yang sama.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

2. Cara Melewati Tanjakan Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Lupa Pindah Gigi

Jalanan menanjak menuju kawasan wisata Pantan Terong, di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Selasa (25/12/2018).KOMPAS.com/MASRIADI Jalanan menanjak menuju kawasan wisata Pantan Terong, di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Selasa (25/12/2018).

Di Indonesia, banyak tipe kontur jalan yang harus dihadapi oleh pengemudi. Ada yang berupa jalan lurus, sampai menanjak ataupun turunan tajam.

Dengan jalan yang menajak, banyak yang meragukan kemampuan mobil dengan transmisi otomatis untuk melewati tanjakan terjal. Padahal mobil matik punya kemampuan yang sama dengan mobil dengan transmisi manual.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil matik saat melewat tanjakan.

Baca juga: Cara Melewati Tanjakan Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Lupa Pindah Gigi

3. Insentif PPnBM Terbukti Selamatkan Industri Otomotif Dalam Negeri

Honda di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda di IIMS Hybrid 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com