Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Hadirkan Green Energy Station di Sejumlah Daerah

Kompas.com - 01/09/2021, 07:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung penggunaan kendaraan bertenaga listrik dan energi ramah lingkungan, PT Pertamina (Persero) membuat Green Energy Station (GES) sebagai konsep baru penyediaan energi ramah lingkungan di SPBU.

Dilansir dalam rilisan pers resminya, Pertamina sudah membangun total sebanyak 76 GES yang tersebar sejumlah daerah. Lebih detail terdapat di 3 titik di Lampung, serta 43 titik di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Selanjutnya terdapat di 13 lokasi di Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta yang terakhir di 17 titik Jawa Timur.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina, Alfian Nasution menjelaskan bahwa GES mengusung empat konsep layanan terintegrasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Baca juga: Ada Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Sudah Tahu Fungsi dan Artinya?

"Empat konsep utama, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung Grand Strategi Nasional yang telah ditetapkan Pemerintah, khususnya pada program transisi energi dan operasional yang lebih ramah lingkungan," ucap Alfian dalam keterangan resminya, Selasa (31/8/2021).

Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan

Ia pun menjelaskan bahwa konsep Green pada SPBU GES diimplementasikan dengan penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) alias pembangkit listrik tenaga surya sebagai salah satu sumber energi operasionalnya.

“Solar PV memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU. Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional,” sebutnya.

Baca juga: Tiba di Indonesia, Intip Spesifikasi Jeep Wrangler dan Gladiator 2021

Lantas pada konsep Future, terdapat layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau Charging Station, hingga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau Battery Swapping Station (BSS).

Stasiun pengisian listrik umum (SPLU) Pertamina Green Energy Stationstanly Stasiun pengisian listrik umum (SPLU) Pertamina Green Energy Station

“Ini adalah dukungan kami untuk memperkuat dan mempercepat penyiapan ekosistem hilir kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia. Saat ini sudah ada lima fasilitas untuk KBLBB ini di SPBU Fatmawati II, SPBU MT Haryono, SPBU Lenteng Agung, SPBU Kuningan, dan SPBU Soekarno Hatta yang masih bisa dinikmati tanpa biaya," kata Alfian.

Ia lantas menyebutkan rencana untuk menyiapkan BSS di beberapa SPBU dalam rangka mendukung penggunaan kendaraan listrik yang makin berkembang.

Baca juga: Menunggu Kehadiran Bus Baru Lorena Karina Buatan Karoseri Laksana

Lalu pada konsep Digital dan High Tier Fuel, dilakukan digitalisasi dan edukasi berkelanjutan soal bahan bakar berkualitas yakni Pertamax Series dan Dex Series. Penggunaan dua jenis bahan bakar ini sudah tertulis dalam Peraturan Menteri (Permen) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) No. 20 Tahun 2017.

Diharapkan SPBU GES ini jadi solusi pengisian energi ramah lingkungan dengan sistem satu atap. Tengah diupayakan pula pembangunan GES di berbagai wilayah lain sebagai bentuk dukungan penggunaan kendaraan listrik dan ramah lingkungan di seluruh daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com