Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspal Beton Bikin Ban Gampang Pecah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 25/08/2021, 18:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mendengar anggapan kendaraan bermotor yang sering melintas di jalan beton bisa menyebabkan ban menjadi mudah pecah? Alasan utama, karena permukaannya lebih kasar ketimbang aspal.

Alhasil, tidak sedikit masyarakat yang percaya anggapan tersebut. Namun banyak juga yang mengatakan tidak percaya, sebab faktor penyebab ban pecah itu cukup beragam, sebagai contoh kurang tekanan udara hingga usia pakai.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, efek yang ditimbulkan pada ban jika permukaan kasar bukan menjadikan ban tersebut mudah pecah. Tetapi, lebih tepatnya lebih aus, karena gesekan dengan beton lebih sering.

Baca juga: Jangan Sampai Terulang, Truk Pemadam Kebakaran Terhalang Mobil Parkir di Badan Jalan

Jalan beton itu ada yang dua garis atau rain groove-nya lurus (straight), dan melintang (cross). Nah, yang membuat telapak ban cepat aus itu yang cross, karena ban seperti di parut,” ucap Zulpata saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Pengerjaan proyek jalan beton di Jalan Mayjend DI Panjaitan, Jakarta Timur, Minggu (3/6/2012). Jalan dibeton karena konstruksi jalan lama dari aspal mudah rusak akibat beban berat kendaraan yang melintas. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengerjaan proyek jalan beton di Jalan Mayjend DI Panjaitan, Jakarta Timur, Minggu (3/6/2012). Jalan dibeton karena konstruksi jalan lama dari aspal mudah rusak akibat beban berat kendaraan yang melintas.

“Namun, jangan bayangkan sedang parut kelapa yang bisa cepat habis. Ban jadi sedikit lebih cepat aus saja jika dibandingkan kalau kita jalan di permukaan aspal halus,” lanjutnya.

Zulpata melanjutkan, tidak semua jalan di Indonesia memiliki tekstur beton, bahkan pada jalan tol sendiri pun permukaan beton hanya di beberapa ruas saja. Artinya, gerak ban tidak akan selalu berada pada lintasan beton.

Baca juga: Simak Ini Tarif Terbaru Tol Balikpapan-Samarinda

Selain itu, menurut Zulpata, kunci utama agar permukaan ban tidak cepat habis adalah dengan perawatan yang tepat dan gaya berkendara pengemudi.

“Meski sering melewati permukaan beton saat berkendara, selama menggunakan dalam kondisi wajar, alias tidak agresif, dan kecepatan sudah sesuai dengan aturan serta tidak melakukan pengereman mendadak, sebenarnya tidak masalah,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com