Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Kompas.com - 16/08/2021, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) menjadi pilihan utama bagi para keluarga yang menginginkan kabin yang lapang serta mampu menampung muatan yang banyak.

Namun, bagaimana jika calon konsumen hanya memiliki dana Rp 180 jutaan?

Dengan kisaran harga tersebut, salah satu pilihan yang bisa masuk daftar pilihan dalam membeli mobil baru adalah Toyota Avanza.

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 187 juta hingga Rp 200 jutaan, mobil yang dijuluki kendaraan sejuta umat ini menawarkan konfigurasi tujuh dudukan. Namun, jangan harap Anda bisa mendapatkan desain yang mewah serta ragam fitur yang berlimpah di dalamnya.

Baca juga: DAM Beri Edukasi Safety Riding pada Ribuan Siswa SMK

Bagi Anda belum sreg dengan Toyota Avanza, dengan dana minim tersebut, bisa mendapatkan MPV premium dengan predikat mobil bekas.

Seperti contoh Toyota Alphard dengan tahun produksi 2005 dan 2007 yang kini memiliki kisaran harga Rp 150 hingga 180 jutaan. Lantas, mana yang sebaiknya dipilih?

“Kalau untuk yang cari tahun muda pasti pilih Toyota Avanza, tapi kalau yang mencari gengsi pilih Toyota Alphard,” ujar Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran, belum lama ini kepada Kompas.com.

Toyota Alphard Bekas TaksiStanly-Kompas.com Toyota Alphard Bekas Taksi

Namun, perlu dipahami, perawatan untuk mobil Alphard tahun 2005 hingga 2007 cukup berat. Kalau tidak mendapat kondisi mobil yang bagus dan kilometernya sedikit, akan menghabiskan dana lebih banyak untuk servis keseluruhan.

“Kalau mau pilih Alphard bekas sebaiknya tahun 2010 ke atas, tapi harganya masih Rp 250 jutaan. Kalau yang Rp 180 jutaan masih dapat Alphard model lama,” kata Andi.

Menurut Andi, calon pembeli sebaiknya tidak memaksakan untuk membeli mobil bekas dengan tahun yang sudah cukup lama hanya karena fitur mewah yang ditawarkan. Sebab, kalau rusak, pasti memakan dana yang lebih banyak.

Baca juga: Ada Diskon Servis dari Yamaha Jatim Jelang Momen Kemerdekaan

Akan tetapi, kembali lagi ke pilihan masing-masing. Dengan dana Rp 180 juta, calon pembeli bisa mendapatkan mobil Toyota Avanza berstatus mobil baru, belum lagi akan dimanjakan dengan garansi dan biaya servis yang gratis selama periode tertentu.

Namun, jika menginginkan kemewahan dan fitur canggih, Alphard seken bisa menjadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com