Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PJU Dimatikan Selama PPKM Darurat, Ingat Bahaya yang Mengintai

Kompas.com - 15/07/2021, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya menekan keramaian guna mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, beberapa wilayah menerapkan jam malam.

Pada waktu tertentu pemerintah daerah memdamkan lampu penerangan jalan umum (PJU) secara sementara, yakni pukul 19.00 WIB sampai 06.00 WIB.

Akibatnya pada wilayah terkait akan menjadi gelap gulita. Tentu bagi para warga yang masih beraktivitas bersama kendaraan menjadi lebih berisiko karena membuka potensi bahaya baru.

Baca juga: Mobil Parkir Selama PPKM Darurat, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Jalan D.I Panjaitan SemarangKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Jalan D.I Panjaitan Semarang

Dikatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, ada beberapa pertimbangan mengapa mengemudi di malam hari dan gelap gulita sangat berisiko.

"Pertama siklus tubuh manusia secara tak langsung akan memaksa pengemudi untuk beristirahat. Sehingga, fisik drop, halusinasi, dan mengantuk," katanya kepada Kompas.com.

Pertimbangan kedua, mengemudi di malam hari saat gelap memang lebih tidak melelahkan. Tetapi, mata akan bekerja dengan berat dan lelah karena menghadapi sinar lampu dari arah depan.

Belum lagi bila kendaraan mengalami masalah di tengah jalan, tentu bakal menimbulkan berbagai masalah baru.

Baca juga: Daftar LMPV Terlaris Januari-Juni 2021, Avanza Teratas, Livina Suram

Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim HujanShutterstock Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Keempat, berkendara atau mengemudi di malam hari yang gelap gulita akan banyak bertemu pengguna jalan lain yang mengantuk. Sehingga risiko kecelakaan karena orang lain juga turut meningkat saat mengemudi di malam hari.

“Terakhir, banyak pengemudi yang berpikir kalau menyetir di malam hari akan lebih cepat sampai karena jalanan sepi. Akibatnya, lebih banyak pengguna jalan yang tancap gas saat malam,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau untuk pengguna kendaraan justru lebih ekstra hati-hati ketika berkendara di malam hari yang gelap gulita. Jangan lengah dan memaksakan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com