Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Kia Sportage Terbaru, Bertabur Fitur Canggih

Kompas.com - 08/07/2021, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah merilis tampilan desain dari Kia Sportage generasi terbaru, kini giliran teknologi dan spesifikasi mesin yang diumumkan pabrikan asal Korea Selatan itu.

Artur Martins, Senior Vice President and Head of Global Brand and Costumer Experience Division Kia Corporation, mengatakan, Sportage generasi kelima ini merupakan SUV yang memiliki tingkat keselamatan, mesin yang responsif, dan efisien.

"Sportage baru kami adalah inspirasi sejati untuk kategori SUV dalam segala hal," ujar Artur dikutip dari keterangan resminya, Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Bentrokan Ojol dengan Mata Elang, Ini Aturan Leasing Tarik Kendaraan

Kia Sportagekianewscenter.com Kia Sportage

Bicara soal mesin, Sportage mengusung mesin bensin 4-silinder TGDI turbocharged 1.600 cc, yang memiliki tenaga 180 ps atau setara 177 tk dan torsi 265 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis dual clutch 7-percepatan (7DCT) dan manual 6-percepatan.

Selain mesin bensin, Sportage juga memiliki mesin diesel 2.000 cc 4-silinder Variable Geometry Turbo (VGT) bertenaga 186 PS atau setara 183 HP dan torsi 417 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui girboks otomatis 8-percepatan.

Baca juga: Adu Fitur Renault Kiger dan Toyota Raize, Siapa Lebih Canggih?

Kia Sportagekianewscenter.com Kia Sportage

Mobil ini juga memiliki empat pilihan mode berkendara yakni pengaturan otomatis, salju, lumpur, dan pasir.

Sementara itu, kabin Sportage terbaru juga makin luas dibandingkan generasi sebelumnya. Secara dimensi, Kia Sportage memiliki ukuran panjang 4.660 mm, lebar 1.864 mm, dan tinggi 1.660 mm.

Bila dibandingkan generasi keempat, Sportage terbaru ini lebih bongsor. Ukurannya 180 mm lebih panjang, 10 mm lebih lebar, dan 25 mm lebih tinggi. Ditambah jarak sumbu rodanya juga memanjang sekitar 85 mm.

Baca juga: Kabar Baik, Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Tengah

Kia Sportagekianewscenter.com Kia Sportage

Sportage generasi kelima ini juga menawakan beragam fitur canggih seperti Electric Control Suspension (ECS), Drive Mode dengan Terrain Mode, Highway Driving Assist (HDA), dan Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC).

Tak ketinggalan Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot Collision Aviodance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM) dan Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Belum diketahui berapa harga Sportage yang diperkirakan segera meluncur tahun ini. Namun beberapa rumors mengatakan kalau mobil ini diperkirakan akan dijual mulai 24,45 juta won atau sekitar Rp 311 jutaan hingga 31,85 juta won atau sekitar Rp 405 jutaan di Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com