Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Helm buat Adventure Pakai Visor

Kompas.com - 08/07/2021, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri yang membedakan helm buat adventure dan helm motorcross ialah visor. Helm adventure pakai visor, sedangkan buat motocross tidak, karena biasanya dilengkapi dengan goggle atau kacamata khusus.

Ahmad M dari komunitas pencinta helm Belajar Helm mengatakan, helm adventure memakai visor karena tujuannya ialah berkendara jauh melintasi berbagai kondisi jalan.

Baca juga: N7X, Calon Mobil Baru Honda Tiba di Makassar

"Biar tidak kena debu, kerikil, dan air saat perjalanan. Kelemahannya kalau ventilasinya tidak bekerja dengan baik malah susah napas dan berembun kalau tidak pake antifog," kata Ahmad kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

KTM 250 Adventure Foto: Motorbeam KTM 250 Adventure

Adapun helm motocross tidak memakai visor, tetapi menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggle yang bisa dilepas pasang sesuai keperluan.

"Kalau kita main motocross, apalagi sampai terbang-terbang pasti ada tanah yang masuk dari bawah dagu. Walau ada pengikat helm, ada saja kotoran yang masuk," katanya.

"Kalau pakai goggle lebih mudah dibersihkan. Selain itu, tidak bakal kena mata karena kacamatanya menempel kulit seperti kacamata renang," kata Ahmad.

Baca juga: Adu Fitur Renault Kiger dan Toyota Raize, Siapa Lebih Canggih?

Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocrossIstimewa Meski berbahaya, pebalap MotoGP tetap latihan motocross

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengatakan, helm motocross tidak memakai visor agar napas lebih lega karena butuh oksigen yang banyak.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Selain itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com