Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sih Perbedaan RX-King SE dengan Versi Biasa

Kompas.com - 07/07/2021, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesona Yamaha RX-King tak luntur tergerus zaman. Saat ini motor harga yang sempat tenar dengan julukan "motor jambret" tersebut justru terus meroket.

Tapi tak semuanya punya harga selangit sebab RX-King adalah motor produksi massal. Pada masanya motor ini bahkan bisa dikatakan motor sejuta umat.

Namun, ada beberapa tipe yang dicari dan punya nilai ekonomi tinggi. Salah satunya ialah RX-King 20th Anniversary atau Special Edition (SE) produksi 2003.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Update Titik Penyekatan di Jalan Tol Jasa Marga

RX-King Special Edition dibanderol puluhan juta rupiahIstimewa RX-King Special Edition dibanderol puluhan juta rupiah

Sesuai namanya, RX-King SE merupakan edisi spesial ulang tahun ke-20. RX-King pertama kali lahir pada 1983 dan setelah dua dekade Yamaha membuat edisi spesial.

Mengutip akun Instagram Bisaboy, RX-King model ini cuma diproduksi pada tahun 2003 pada bulan 9-11 atau September-November di masa akhir hayatnya. Alhasil, jumlahnya relatif terbatas.

Secara penampilan edisi spesial ini juga berbeda dengan RX-King biasa. Untuk RX-King SE mempunyai aksen emas di beberapa bagiannya.

Baca juga: Mobil Matik Parkir Lama, Posisi Transmisi Harusnya di N atau P?

Aksen emas dapat ditemui di lis lampu depan, lis speedometer model gendang. Serta stripping di tangki dan tutup boks samping yang terdapat stiker bertuliskan "20th Anniversary."

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Ahmad Arif, penjual RX-King dari Jakarta Utara, mengatakan, ciri lain RX-King SE terletak pada bagian bawah belakang motor.

"Bagian footstep belakang RX-King SE ini paling beda sendiri dari RX-King lainnya. Dia menggunakan warna krom untuk pegangan footstep belakang," ujar Arif.

Sedangkan untuk mesinnya, tidak ada perbedaan dengan RX-King standar. Mesinnya tetap berkapasitas 132 cc, 2 langkah, berpendingin udara, dengan 5 percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com