Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Efisiensi Operasikan Kembali Bus Double Decker di Jalur Patas

Kompas.com - 30/06/2021, 16:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pada tiga hari di awal Juli 2021, Perusahaan Otobus (PO) Efisiensi kembali mengoperasikan bus double decker-nya untuk jalur patas. Trayeknya, yaitu Wangon-Yogyakarta.

Pengoperasian bus tingkat pada jalur patas hanya dilakukan dalam waktu yang terbatas, yakni 1-3 Juli 2021. Sebelumnya Efisiensi juga mengoperasikan bus double decker untuk trayek Cilacap-Semarang dan Cilacap-Yogyakarta.

Untuk tarifnya, dikenakan harga tiket Rp 50.000 pada trayek Wangon-Kebumen, lalu Rp 50.000 untuk Kebumen-Yogyakarta, dan Rp 85.000 untuk Wangon-Yogyakarta.

Baca juga: Tekan Penyebaran Covid-19, Titik Penyekatan di Tangsel Akan Diperluas

Tarif tersebut berlaku baik untuk kursi dek bawah maupun dek atas. Waktu keberangkatannya dimulai pukul 13.30 WIB dari Wangon dan 07.45 WIB dari Yogyakarta.

Bus milik Efisiensi ini menggunakan sasis Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan mesin berkapasitas 11.967 cc. Untuk bodinya sendiri merupakan Jetbus 2+ Super Double Decker rakitan karoseri Adiputro.

kursi pada dek bawah bus double decker milik PO Efisiensi yang beroperasi di jalur patas.ZCH1708/bus-truck.id kursi pada dek bawah bus double decker milik PO Efisiensi yang beroperasi di jalur patas.

Pada dek bawah, konfigurasi tempat duduk penumpangnya adalah 1-1 dengan jumlah total 5 kursi dengan fitur reclining atau bisa direbahkan, sandaran kaki, dan Audio Video on Demand (AVOD).

Sementara untuk bagian atasnya, konfigurasi tempat duduk 2-2 dengan jumlah total 47 kursi. Seluruh kursi juga sudah bisa direbahkan namun tidak dilengkapi sandaran kaki. Fitur AVOD tersedia hampir di seluruh kursi kecuali pada kursi terdepan.

Baca juga: Asik Geber Gas di Tikungan, Dua Pengendara Motor Tewas di Cilegon

Keunikan dari unit bus double decker jalur patas milik Efisiensi ini adalah tidak adanya fasilitas toilet. Hal ini dikarenakan bus tingkat tersebut memang tidak ditujukan untuk trayek jarak jauh.

Hal unik lainnya yang dimiliki bus double decker milik Efisiensi ini adalah posisi tangga untuk naik ke dek atas diletakkan di bagian depan dekat pintu depan bus.

Efisiensi belum berniat menjadikan bus tingkat miliknya sebagai armada tetap untuk jalur patas karena bus ini juga terbuka untuk dicarter atau dipesan sebagai bus pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com