Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini PO Bus AKAP Pertama yang Pakai Bus Tingkat di Indonesia

Kompas.com - 29/06/2021, 15:29 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Populasi bus tingkat di Indonesia saat ini memang cukup banyak. Hampir di setiap pulau besar di Indonesia, ada operator yang menggunakan bus tingkat untuk armadanya.

Bus tingkat memiliki dimensi yang sangat besar, tingginya mencapai 4,2 meter. Selain itu, bus ini juga bisa memuat banyak penumpang di kabinnya, mengingat ada dua lantai yang bisa digunakan.

Lalu, sasis yang digunakan untuk dipasang ke bus tingkat juga tidak sembarangan. Setidaknya sasis yang digunakan harus memiliki tiga as roda dan memiliki Gross Vehicle Weight sekitar 25 ton.

Baca juga: Catat, Ada Layanan Bikin SIM Gratis di Wilayah Ini

Sleeper bus sempati starphinemo.com Sleeper bus sempati star

Lalu siapa PO bus AKAP yang pertama kali mengoperasikan bus tingkat di Indonesia sebagai angkutan antar kota?

PO Sempati Star merupakan operatur bus pertama yang menggunakan bus tingkat sebagai armadanya. Hal ini bermula saat karoseri Adiputro memamerkan produk bus tingkat pertamanya di GIIAS 2015.

Saat itu, bodi yang digunakan adalah Jetbus 2+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542. Setelah pameran tersebut, PO Sempati Star yang bermarkas di Aceh langsung membelinya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Lebih Baik Transmisi Manual atau Matik?

Setelah pameran tersebut, bus yang baru dibeli tadi langsung dicat ulang dengan warna khas Sempati Star, kombinasi kuning dan merah. Barulah pada tahun 2016, bus tingkat ini beroperasi di trayek Aceh-Medan.

Untuk fasilitas yang ada di kabin bus ini bisa dibilang sangat mewah. Bahkan PO Sempati Star bisa dibilang menjadi yang pertama menawarkan sleeper seat di dek bawah, tepatnya di belakang kabin pengemudi.

Tidak sampai di situ, di dek bawah, bangku di belakangnya juga disusun 1-1 dan mendapatkan TV LED di setiap bangkunya untuk sistem hiburan. Sedangkan di dek atas, memakai susunan bangku 2-2 dengan sistem hiburan berupa AVOD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com