Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Bersihkan Interior Mobil untuk Mencegah Virus Corona

Kompas.com - 29/06/2021, 07:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia masih belum menurun, bahkan belakangan ini banyak lonjakan kasus di berbagai daerah. Hal ini karena adanya varian virus Delta yang dianggap lebih cepat menyebar, salah satunya melalui udara.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin virus akan menyebar melalui udara di interior mobil. Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Gugus Tugas Covid-19, mengatakan, droplet ukuran kecil bisa bertahan lama di sebuah ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

“Oleh karena itu upayakan di semua ruang kerja kita, dijamin sirkulasi udaranya berlangsung baik. Sehingga setiap saat udara bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar," ucap Yuri dilansir dari Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Untuk itu, membersihkan interior mobil secara rutin juga dapat mencegah penyebaran virus corona. Ada beberapa bagian yang perlu dibersihkan yang termasuk dalam potensi penempelan droplet seperti di setir, dasbor, door trim, handle pintu, jok mobil, hingga karpet.

Selain itu, pembersihan dengan disinfektan juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Namun perlu diketahui, cairan juga harus dipastikan penggunaanya aman baik bagi interior mobil dan juga penumpang di dalamnya terutama anak kecil.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

Edy, pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, mengatakan untuk membersihkan bagian dalam mobil ini sebaiknya menggunakan bahan yang dipastikan keamanannya.

“Kondisi seperti (penyebaran virus corona) memang banyak menyemprotkan cairan disinfektan untuk interior. Tapi yang aman itu harus dipastikan kandungan alkohol seberapa dan perlu dilakukan penelitian dulu,” kata Edy.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Perawatan terhadap interior juga tidak boleh asal, gunakan pembersih khusus untuk interior mobil. Pastikan juga pembersih yang digunakan juga tepat sasaran, artinya jika membersihkan bahan kulit sebaiknya pakai pembersih khusus kulit dan untuk panel juga harus yang sesuai.

Selain itu kebersihan interior mobil juga harus diperhatikan. Jangan simpan sampah di dalam kabin, bersihkan dan gunakan vacum cleaner untuk memastikan debu dan kotoran terangkat.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

Terakhir, bersihkan filter AC mobil dengan sikat agar udara di dalam kabin mobil tetap bersih dan aman dihirup. Jika dirasa filter sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru.

Jika memungkinkan, pemilik mobil juga bisa membersihkan komponen evaporator AC. Kotoran yang menempel pada evaporator dapat menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap dan dapat menjadi sarang virus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com