Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Saja, Begini Cara Mudah Merawat Kaca Film

Kompas.com - 23/06/2021, 14:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengisi waktu luang selama Work From Home (WFH), di tengah masa pandemi Covid-19, yaitu dengan membersihkan kaca mobil.

Sebab, tidak perlu menguras tenaga dan menghabiskan banyak waktu. Iwan Udaya, Direktur PT Krisant Pundimas Sejahtera selaku distributor kaca film Wincos di Indonesia mengatakan, di masa pandemi seperti ini memang lebih baik bersih-bersih mobil dilakukan di rumah saja,.

Sebagai contoh, kalau ingin memebersihkan kotoran pada kaca film, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

“Untuk perawatan cukup bersihkan dengan air bersih saja jika ada noda yang menempel. Jika memang kotorannya sedikit membandel bisa tambahkan sedikit shampo. Namun shampo yang digunakan adalah shampo bayi yang tidak mengandung bahan kimia keras,” ucap Iwan, Rabu (23/6/2021).

Kaca film Wincos dengan tipe baru yang membidik segmen harga tengah.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kaca film Wincos dengan tipe baru yang membidik segmen harga tengah.

Baca juga: Inden Suzuki Jimny Versi Murah Lebih Singkat, Bakal Masuk Indonesia?

Caranya cukup mudah, basahi kain yang berbahan lembut dengan air shampo tersebut, lalu di usap secara halus dan merata hingga kotorannya menghilang.

Hindari menggunakan bahan kimia, dan bahan kain yang kasar yang di khawatirkan dapat merusak lapisan kaca film tersebut.

Iwan menambahkan, umumnya kaca film diganti setiap 5 tahun penggunaan. Namun untuk kaca film Wincos yang memiliki ketahanannya yang baik, bisa diganti dalam durasi lebih lama, yakni 7 hingga 10 tahun, tentu saja tergantung daripada perawatannya itu sendiri.

Kaca film Wincos mencoba pasar Indonesia di segmen premium.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kaca film Wincos mencoba pasar Indonesia di segmen premium.

“Dalam memilih kaca film yang harus diperhatikan yang pertama adalah fungsi kaca filmnya. Karena kaca film sendiri memiliki banyak fungsi dan varian. Jika yang dicari untuk perlindungan panas dari matahari, carilah kaca film yang memiliki tolak panas yang baik atau tolak inframerah diatas 90 persen,” kata dia.

Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Sementara, Wincos sendiri diklaim Iwan memiliki tolak inframerah hingga 97 persen sehingga sangat baik dalam mengurangi panas matahari yang masuk kedalam kabin mobil.

Kemudian, Iwan juga mengingatkan untuk mencari tahu tentang kualitas produk tersebut telebih dahulu, perhatikan kualitas pandangannya bagaimana kejernihannya saat malam hari kita wajib cari tahu.

“Jangan lupa untuk mencari tahu juga material yang dipergunakan pada kaca film tersebut karena setiap meterial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com