Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Siap Luncurkan 13 Mobil Listrik pada 2025

Kompas.com - 22/06/2021, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMazda dikabarkan akan mengenalkan 13 mobil listrik pada 2025, termasuk electric vehicle (EV), plug-in hybrid, dan hybrid. Hal ini dilakukan untuk mengejar target zero emission di Jepang pada 2030.

Dilansir dari Automotive News Europe, peluncuran 3 unit mobil hybrid, 5 plug-in hybrid, dan 3 EV akan dimulai tahun depan, dengan fokus utama pada pasar Eropa, Jepang, Amerika Serikat, China, dan ASEAN.

Kabarnya mobil-mobil ramah lingkungan ini akan menggunakan arsitektur Mazda SKYACTIV multi-solution dan sistem hybrid Toyota, khususnya pada beberapa model.

Baca juga: Perbedaan Mobil Transmisi Matik dan Manual Saat Melintasi Jalan Menurun

Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30Dieter Daniels/newmobility.news Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30

Sebelumnya pada Mei lalu, Mazda telah mengungkap rencana untuk menggabungkan semua kendaraan yang diproduksi pada 2030, dengan elektrifikasi.

Rencana ini bakal meningkatkan rasio mobil battery electric vehicle (BEV) Mazda, dari sebelumnya 5 persen menjadi 25 persen.

Mazda juga mengatakan akan mengembangkan platform scalable khusus untuk EV dan direncanakan untuk beberapa model antara tahun 2025 dan 2030.

Baca juga: Jadi Barang Langka, Kijang Innova Diesel Bekas Masih Rp 200 Jutaan

Hasil olah digital Mazda CX-5 terbaru.bestcarweb.jp Hasil olah digital Mazda CX-5 terbaru.

Ichiro Hirose, Senior Managing Executive Officer Mazda, mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan EV secara mandiri.

Sambil menggunakan teknologi dasar yang dibuat bersama oleh Mazda, Toyota dan pemasok Jepang Denso.

Secara terpisah, Mazda mengatakan akan memperkenalkan sistem co-pilot bantuan mengemudi pada mobil segmen atasnya mulai tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com