Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kantongi 6.179 SPK Raize, GR Sport Jadi Model Favorit

Kompas.com - 17/06/2021, 12:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota mencatat pertumbuhan penjualan signifikan di 2021. Secara total, pada lima bulan pertama, yakni Januari-Mei, ritel Toyota sudah mencapai 101.000 unit dengan market share 31,4 persen.

Pencapaian tersebut tumbuh 23,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan penjualan di Mei sendiri, bila dibandingkan bulan yang sama pada 2020, ritelnya naik 213,9 persen dengan market share 32,9 persen.

Berdasarkan hasil tersebut, Toyota optimis penjualan dan pasar otomotif nasional berlahan kembali pulih. Terlebih berkat dukungan relaksasi PPnBM serta hadirnya produk baru, yakni Toyota Raize.

Mobil yang bermain di segmen SUV murah tersebut, diklaim mendapat penerimaan pasar yang cukup baik. Bahkan sampai menimbulkan inden panjang pada model GR Sport TSS CVT.

Baca juga: Kejar Produksi, Toyota Klaim Inden Raize Cuma 2 Bulanan

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKompas.com/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

"Inden yang cukup panjang disebabkan permintaan yang lebih besar secara total dari rencana awal karena antusia yang besar terhadap Raize, khususnya model GR Sport, yang mengakibatkan inden menjadi lebih lama dibandingkan model non-GR Sport," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Menurut Anton, sejak meluncur hingga 14 Juni 2021, Toyota berhasil mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) Raize sebanyak 6.179 unit.

Dari jumlah tersebut, tipe 1.0T GR Sport CVT meraih SPK terbesar dengan total komposisi sebesar 57,4 persen dan tipe 1.0T GR Sport CVT TSS sebesar 25,7 persen. Kedua tipe ini menjadikan model GR Sport memiliki komposisi terbesar yaitu 83,1 persen.

Baca juga: Perkenalkan, Ini Toyota Raize PHEV Versi Modifikasi Digital

test drive Toyota Raizedok TAM test drive Toyota Raize

Sementara untuk mengapresiasi penerimaan konsumen, Toyota juga mulai menyediakan Raize bermesin 1.200 cc yang waktu kehadirannya dikerek lebih cepat dari jadwal seharusnya, yakni pada semester kedua 2021.

Dengan demikian, mulai hari ini konsumen sudah bisa melakukan pemesanan unit Raize 1.2L di jaringan diler yang ada. Perlu diketahui juga, Indonsia menjadi negara pertama yang memasarkan Raize 1.200 cc.

Baca juga: Ini Alasan Toyota Percepat Peluncuran Raize 1.2 L

Toyota Raize 1.2LTAM Toyota Raize 1.2L

"Kami majukan rencana ketersediaan varian 1.2 yang tadinya semester dua menjadi hari ini. Varian 1.2 Toyota Raize merupakan special option karena Indonesia merupakan negara pertama yang mempunyai varian ini," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

Hadirnya varian 1.2 L pada keluarga Raize, membuat konsumen kini memiliki enam pilihan varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, yakni ;

- 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS
- 1.0 Turbo GR Sport CVT
- 1.0 Turbo G CVT
- 1.0 Turbo G M/T
- 1.2 G CVT
- 1.2 G M/T

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com