Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Teknik Pengereman Motor Matik yang Benar

Kompas.com - 16/06/2021, 17:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sepeda motor matik masih menjadi favorit konsumen di Indonesia. Mudah untuk dioperasikan menjadi salah satu alasan masyarakat lebih memilih membeli motor matik dibandingkan motor bebek, atau sport.

Meski begitu, tidak sedikit pengguna sepeda motor matik masih salah dalam menggunakan rem. Tak heran jika banyak pengendara motor skutik terlibat kecelakaan karena belum menguasai teknik mengerem yang benar.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada dasarnya teknik pengereman hampir sama antara motor matik dengan motor lainnya. hanya saja posisi tuas remnya berbeda.

Baca juga: Motor Legendaris 90-an yang Banyak Diburu, Ada Tiger dan Ninja 150 RR

Teknik pengereman itu sama, dalam artian menggunakan kedua rem secara bersamaan dalam pengoperasiannya. Yang terpenting adalah, sebelum memulai pengereman pengendara harus menutup gas terlebih dahulu secara penuh,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

Agus melanjutkan, pengereman dianjurkan menggunakan empat jari untuk rem depan. Dengan begitu maka posisi gas akan tertutup secara penuh karena telapak tangan mendorong gas ke depan.

“Sedangkan untuk pengereman belakang atau tangan kiri membantu pengereman sekaligus menahan untuk menjaga kestabilan kendaraan bermotor,” kata dia.

Untuk porsi pengereman, bila situasi jalan bagus, tidak berpasir dan berbatu. Agus menyarankan, untuk menarik rem depan sedikit lebih kuat supaya jarak pengereman menjadi lebih pendek.

Baca juga: Beli Motor Bekas Jangan Terkecoh pada Odometer Rendah

“Tapi kalau jalananya licin dan berpasir, rem depan harus dikurangi dan lebih banyak menggunakan rem belakang,” ucapnya.

Sebab, pada saat dilakukan pengereman, titik beban kendaraan akan bertumpu ke roda depan.

“Jadi kalau pengereman roda depan terlalu kuat dan jalannya licin bisa mengakibatkan pengendara tergelincir,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com