Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bebek yang Masih Diminati di Negara Tetangga

Kompas.com - 14/06/2021, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Geliat sepeda motor bebek atau moped menurun tersaingi oleh skutik. Saat ini skutik merupakan jenis motor paling laris dan populer di Indonesia.

Cara penggunaan yang relatif lebih praktis, serta punya keuntungan dalam hal penyimpanan barang membuat banyak masyarakat memilih skutik ketimbang motor bebek.

Meski demikian tren tersebut tidak terjadi di semua negara. Di beberapa negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia, peminat motor bebek masih besar.

Baca juga: Ini Kisaran Harga Pasang Central Lock Mobil

Yamaha Jupiter Z1Foto: Istimewa Yamaha Jupiter Z1

Di Filipina contohnya, belum lama ini Yamaha meluncurkan motor bebek sport terbaru Sniper 155. Kembaran MX King model terbaru itu sebelumnya telah dirilis untuk pasar Vietnam bernama Exciter.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, di beberapa negara tetangga pasar moped tetap besar karena sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.

"Karena masyarakatnya memang masih menyukai motor bebek. Mungkin ke depan sama seperti Indonesia. Pasar suatu negara bisa berbeda," kata Anton saat ditemui di Bandung, saat program Yard Built Indonesia belum lama ini.

Mengutip data AISI, sepanjang 2021 (Januari-April) skutik menguasai pasar sebesar 85,7 persen. Kemudian moped sebesar 7,2 persen dan sport hanya 6 persen.

Sebelumnya, Anton mengatakan bahwa di Indonesia peminat moped kini punya pasar sendiri di luar Jawa, karena kebutuhan masyarakat yang masih suka tipe moped.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 1.2L Bakal Dapat Diskon PPnBm 100 Persen

Yamaha Vega ForceIstimewa Yamaha Vega Force

"Karena memang sesuai dengan tren di tempat mereka dan juga kebutuhan konsumen. Tapi masih ada dan kita masih terus produksi moped," katanya.

Saat ini Yamaha masih memproduksi dan memasarkan motor bebek, beberapa modelnya yaitu Yamaha MX King 150, Jupiter MX 150, Vega Force, dan Jupiter Z1.

Dari beberapa model tersebut, MX King 150 merupakan yang paling banyak diserap pasar. Namun Anton tidak merinci detail angka penjualannya.

"Permintaan paling banyak MX King. Memang dominasinya MX King. Mungkin mereka mau naik kelas ya, yang lebih tingg tidak lagi yang 110cc atau 115cc tapi ke 150cc," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com