Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim VR46 Tutup Pintu untuk Pebalap di Luar Riders Academy

Kompas.com - 09/06/2021, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim balap asuhan Valentino Rossi, VR46, mulai musim ini resmi naik ke MotoGP. Sekarang, tim ini lengkap sudah mengikuti semua kelas.

Diawali dengan Moto3, lalu dilanjutkan dengan Moto2, dan mulai musim ini bersaing juga di MotoGP dengan adik Rossi sendiri, yakni Luca Marini.

Musim depan, tim VR46 akan menjadi tim satelit Ducati. Tapi, kabarnya VR46 masih belum menentukan pebalap mana yang akan menjadi rekan setim dari Marini.

Baca juga: Tim VR46 Resmi Gandeng Ducati untuk Musim Depan

Muncul kabar bahwa pebalap Moto3, Pedro Acosta, akan diorbitkan langsung ke MotoGP. Langkah ini pernah dilakukan oleh Honda dengan Jack Miller.

Valentino Rossi dan Luca MariniFoto: Motorsport-Total.com Valentino Rossi dan Luca Marini

Untuk Acosta, muncul kabar VR46 yang akan menariknya ke kelas MotoGP. Namun, kabar tersebut langsung ditepis oleh Rossi, sekaligus mematahkan peluang pebalap di luar VR46 Riders Academy.

"Saya baca tentang kabar itu, tapi itu tidak benar. Tentunya, kami senang. Pedro Acosta adalah pahlawan baru, tapi tidak. Saya pikir, kami akan terus lanjut dengan proyek kami, dengan pebalap Riders Academy," ujar Rossi, dikutip dari Visordown.com, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Adu Kuat, Ducati dan Yamaha Perebutkan Tim VR46

Pebalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini, akan memakai motor dengan livery khusus di balapan kandang GP Mugello, Italia, akhir pekan ini Minggu (30/5/2021).Foto: Speedweek.com Pebalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini, akan memakai motor dengan livery khusus di balapan kandang GP Mugello, Italia, akhir pekan ini Minggu (30/5/2021).

Artinya, tim VR46 kemungkinan besar hanya akan mengorbitkan pebalap Riders Academy saja ke MotoGP.

Terbentuknya VR46 Riders Academy memang digadang-gadang sebagai ambisi Rossi untuk mematahkan dominasi pebalap Spanyol.

Target tersebut sedikit demi sedikit tercapai. Buktinya, Franco Morbidelli berhasil raih gelar juara dunia Moto2 2017. Setelah itu, Francesco Bagnaia juga menjadi juara dunia Moto2 2018.

Baca juga: Ducati Iming-iming VR46 Team Motor Spek Pabrikan

Luca Marini saat peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk MotoGP 2021Instagram @skyracingteamvr46 Luca Marini saat peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk MotoGP 2021

Di Moto2, saat ini ada tiga pebalap asuhan VR46 Riders Academy, antara lain Marco Bezzecchi, Celestino Vietti, dan Stefano Manzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com