Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Menyimpan Helm di Motor, Jangan Diletakkan di Spion

Kompas.com - 07/06/2021, 06:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berhenti untuk istirahat maupun telah sampai di lokasi tujuan, banyak pengguna sepeda motor yang meletakkan helm di spion motor dan kemudian meninggalkannya. Hal itu dinilai lebih praktis dan tidak ribet untuk dilakukan.

Jika ada, lebih baik helm sepeda motor ditempatkan di tempat penitipan helm atau di rak helm yang disediakan di parkiran sepeda motor.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2021, Balapannya Maju Sejam

Memang tidak semua parkiran motor menyediakan fasilitas tempat khusus untuk manuruh helm. Sehingga menyimpan helm di spion motor merupakan hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang.

Perlu diketahui, tindakan menaruh helm di spion motor ternyata merupakan hal yang tidak benar. Hal tersebut akan berdampak pada helm itu sendiri ataupun kendaraannya.

Tempat Parkir Stasiun Tangerang yang masih ramai setelah kenaikan tarif parkir, Rabu (6/3/2019)KOMPAS.COM/PAVEL TANUJAYA Tempat Parkir Stasiun Tangerang yang masih ramai setelah kenaikan tarif parkir, Rabu (6/3/2019)

Pegiat dari komunitas belajar helm, Ahmad M, mengatakan, tidak disarankan untuk menaruh helm pada spion kendaraan karena berpotensi merusak helm.

Baca juga: Kronologi Baju Balap Quartararo Terbuka Hingga Gagal Podium

"Kalau dicantelkan atau ditaruh di spion motor, itu akan gampang memberikan bekas tekanan pada EPS helm, hal tersebut dapat mengakibatkan struktur EPS dapat berubah atau tidak bisa tahan benturan," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (6/6/2021).

Jika dilihat dari sisi kendaraannya, meletakkan helm di spion motor dalam waktu yang lama atau sudah menjadi kebiasaan akan membuat spion cepat rusak.

Meletakkan helm jangan di spion, helm bisa diletakkan pada gantungan barang di kendaraan. Ari Purnomo Meletakkan helm jangan di spion, helm bisa diletakkan pada gantungan barang di kendaraan.

Beban helm yang terlalu berat dapat membuat spion lama kelamaan akan kendur dan bahkan bisa lepas. Selain itu fungsi spion adalah untuk melihat keadaan belakang, bukan sebagai tempat untuk meletakkan helm. Kemungkinan besar helm terjatuh dan rusak juga semakin besar.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP GP Catalunya 2021

"Sebaiknya helm ditaruh di centelan yang tersedia di bawah jok motor, atau kalau mau yang lebih aman lagi dimasukan ke dalam jok sekalian. Soalnya sekarang sudah banyak motor yang bagasinya besar dan muat untuk helm. Kalau dicentelin di bawah jok masih bisa disilet oleh oknum pencuri," kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com