Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam Pakai Pasta Gigi

Kompas.com - 05/06/2021, 12:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika atau kaca pada bagian lampu mobil menjadi salah satu komponen yang perlu mendapat sentuhan perawatan.

Apalagi jika kondisi mika tersebut sudah kusam lantaran masa pakai dan perilaku parkir yang sering di tempatkan di bawah terik matahari.

Kondisi itu dapat menimbulkan berbahaya pada malam hari, sebab mika lampu yang buram akan mengurangi daya sorot lampu. Pengemudi akan merasa efek kurang terang, meski sebetulnya lampu utama telah dihidupkan.

Baca juga: Mengenali Beda Gaya Menikung Motocross dan MotoGP dan Fungsinya

Jika sudah begini, biasanya pemilik mobil akan terdorong untuk mengganti lampu bawaan dengan versi aftermarket yang lebih terang. Padahal, solusinya ada pada pembersih mika lampu mobil, bukan mengganti bohlam lampu utama.

CEO Makko Group Christopher Sebastian mengatakan, untuk mengatasi hal mika lampu mobil yang sudah menguning, pemilik kendaraan bisa melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan pasta gigi atau obat poles yang tersedia di pasaran.

Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigiitstillruns.com Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigi

“Pertama bersihkan dulu headlamp dengan air bersih, lalu keringkan dengan kanebo dan lap kering. Setelah itu oleskan pasta gigi secara merata ke seluruh permukaan. Gosok dengan pola melingkar, diamkan sejenak, lalu siram dengan air hingga bersih,” ucap Christopher kepada Kompas.com pekan lalu.

Baca juga: Mengapa Motor Dilarang Lewat JLNT Casablanca, Ini Kata Polisi

Namun, menggunakan pasta gigi hanya berfungsi jika kondisi mika lampu belum begitu parah.

Menurut Christopher, jika kondisinya sudah menguning maka tidak bisa cuma membersihkan dari bagian luarnya saja.

“Kalau sudah kusam dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa diberishkan juga,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com