Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil Genap Akan Diberlakukan, tapi Butuh Tambahan Transportasi Umum

Kompas.com - 05/06/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap (gage) rencananya akan kembali diterapkan untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota di masa pandemi.

Namun, rencana tersebut akan dikaji terlebih dahulu pasalnya pemerintah tengah berupaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya menyarankan agar moda transportasi sebaiknya dilengkapi dahulu sebelum sistem ganjil genap diterapkan.

Baca juga: Ini Harga Skutik 150cc Honda di Surabaya Awal Juni 2021       

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana mengingatkan, jangan sampai kebijakan tersebut mengakibatkan penumpukan penumpang yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Menurutnya, saat aturan Gage kembali diterapkan, akan ada perpindahan moda transportasi lantaran masyarakat yang tadinya menggunakan moda transportasi pribadi bakal beralih ke moda transportasi umum.

Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

“Jadi, memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum,” ucap Rusdy dalam keterangan resmi, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Harga Honda CR-V di Jawa Tengah Setelah PPnBM 50 Persen      

Rusdy membenarkan bahwa di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin memang bisa diterapkan gage lantaran adanya moda transportasi umum, seperti MRT dan bus transjakarta.

Namun, sejumlah kawasan lainnya masih perlu kajian lebih dalam lantaran belum lengkapnya sarana dan prasara transportasi umum.

“Kami sarankan, rekomendasi manakala diterapkan kembali ganjil genap pada masa pandemi ini. Perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana moda transportasi angkutan umum,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com