Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Astra Masuk Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia

Kompas.com - 27/05/2021, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) menyebut tengah mempersiapkan berbagai strategi untuk memasuki era kendaraan bermotor listrik di dalam negeri.

Hal ini dilaksanakan dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menciptakan ekonomi yang lebih ramah lingkungan alias low carbon economy.

"Sebagaimana diketahui bersama, pemerintah sudah memiliki peta jalan atau road map untuk mempercepat elektrifikasi. Astra tentu akan memberikan dukungan," kata Head of Investor Relations ASII, Tira Ardianti, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Rencana Pengembangan Baterai untuk Kendaraan Listrik di Indonesia

Toyota EV Smart MobilityToyota Astra Motor Toyota EV Smart Mobility

"Jika teman-teman lihat, sejak 2010 Toyota itu sudah mengeluarkan banyak kendaraan elektrifikasi baik hybrid maupun full baterai EV," lanjut dia.

Kedepannya, Tira menambahkan, pihak Astra akan mencoba mulai melokalisasi produk kendaraan berteknologi hibrida tersebut. Jadi, tidak perlu lagi impor.

Hanya saja, perseroan mengaku masih mengamati minat warga di dalam negeri terhadap kendaraan listrik. Pasalnya produksi sangat ditentukan oleh kesiapan pasar atau konsumen.

"Tentu, tiap perkembangan akan terus kita cermati. Ini tidak sekadar memproduksi mobil listrik ya, tapi juga bagaimana kesiapan pasar dalam hal ini konsumen Indonesia karena pada akhirnya nanti yang menentukan mereka, mau apa tidak mobil listriknya?," ujar Tira.

Baca juga: Industri Otomotif Jepang Terkesan Lamban Beralih ke Mobil Listrik

Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

Selain itu, agar bisa mendorong penjualan kendaraan listrik di Indonesia, harus didukung oleh stimulus yang digulirkan pemerintah. Misalnya relaksasi diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Tak lupa, kesiapan persebaran stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sebagai salah satu infrastruktur penunjang.

Tira mencontohkan, di China program elektrifikasi kendaraan itu didukung oleh pemerintah baik melalui instrumen fiskal maupun nonfiskal. Sehingga, perkembangannya bisa sangat baik.

"Kalau melihat negara lain, mobil listrik bisa berhasil karena ada beberapa dukungan, baik subsidi dari pemerintahnya, seperti China sukses jual 2 juta unit, karena ada subsidi dari pemerintah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com